Waspada! 4 Hal Ini Membuat Orang Pintar Terlihat Bodoh

Apakah kamu mengaku sebagai kategori orang pintar? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, coba evaluasi diri sendiri lebih dalam. Beberapa kasus menunjukkan jika ada orang pintar terlihat bodoh setelah melakukan sesuatu yang mengurangi nilai pada diri mereka. Tentu saja ini berkaitan dengan attitude dan bagaimana kamu memposisikan diri di tengah lingkungan sosial.

Ada beberapa hal yang perlu dihindari, karena bisa membuat kamu terlihat bodoh sekali pun IQ yang kamu miliki tinggi. Semua itu berawal ketika kamu tidak menempatkan kata-kata yang keluar dari mulut dengan benar. Ini menjadi suatu bumerang yang membahayakan, jika apa yang kamu ucapkan tidak bisa terkontrol.

Berikut ini adalah beberapa hal yang mampu membuat orang pintar terlihat bodoh:

Overconfident

Semua yang berlebihan selalu menjadi buruk dan racun. Sama halnya ketika seseorang merasa dirinya tahu segalanya dan bersikap terlalu percaya diri. Tentu saja kamu harus optimis dan percaya diri tapi jangan melebihi batas.

Sikap overconfident ini seringkali menuntun orang-orang yang merasa pintar menjadi lupa diri, dan merasa tahu segalanya. Bisa jadi kamu kesulitan untuk memahami situasi kapan kamu membutuhkan bantuan orang lain, karena merasa semua bisa dilakukan sendiri. Ini racun!

Baca Juga: Komunikasi Non Verbal: Menggunakan Bahasa Tanpa Kata di Tempat Kerja

Mendorong Orang Lain Terlalu Keras

Kamu mampu menguasai berbagai hal dalam waktu yang singkat, kemudian kamu menganggap setiap orang mampu seperti itu. Pemikiran seperti ini juga salah, kamu akan terlihat seperti tidak bisa memahami orang lain. Mendorong orang lain terlalu keras dengan asumsi jika kemampuan mereka sama sepertimu, ini benar-benar salah.

Ketika mereka tidak menghasilkan sesuatu yang sama dengan dirimu, maka kamu menilai mereka  kurang berusaha.  Kondisi ini akan membuat orang pintar terlihat bodoh, karena membuat asumsi tanpa dasar yang jelas.

Sulit Menerima Feedback

Kembali ke poin pertama, ketika mereka yang pintar merasa tahu segalanya dan ini artinya tidak ada feedback bagi orang-orang pintar. Yang perlu kamu pahami adalah pintar bukanlah tanda kesempurnaan, dengan kata lain orang yang pintar masih mampu membuat kesalahan.

Feedback adalah suatu hal yang dibutuhkan oleh manusia, bukan untuk memunculkan perasaan rendah diri, tapi ini tentang metode improvisasi. Jika kamu tidak melakukan improvisasi, kepintaran tersebut tidak akan menjadi sesuatu yang berguna selamanya.

Menghakimi, Tapi Tak Merasa

Kebiasaan ini membuat orang pintar terlihat bodoh, yaitu saat mengatakan, “Saya tidak menghakimimu, tapi….”. Kalimat tersebut sudah sangat menjelaskan jika kamu sedang menhakimi orang lain sekali pun kamu tidak merasa melakukannya.

Berhenti melakukannya karena ini membuat orang lain tidak akan melihat kamu sebagai orang pintar yang menyenangkan.

Nah, kamu nggak mau kan masuk kategori orang pintar terlihat bodoh?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here