Honda dan Yamaha Tak Berminat Rekrut Dovizioso

Andrea Dovizioso
Sumber: rmoljabar

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, menempati posisi kedua di klasemen pembalap. Meski demikian, hal tersebut tak mengundang minat Honda dan Yamaha untuk merekrutnya.

Dovizioso berhasil menunjukkan performa menawannya musim ini. Dari 11 kali masuk finish di lima besar, pembalap asal Italia berhasil mencatatkan 6 kali kemenangan. Sementara musim lalu Dovizioso hanya berhasil naik podium di posisi nomor satu sebanyak 2 kali.

Tak heran dengan hasil yang didapatkan Dovizioso musim ini menjadikannya incaran bagi tim-tim lain. Terlebih di akhir musim 2018 mendatang, tercatat 12 pembalap akan berakhir masa kontraknya.

Dovizioso sendiri sempat mengadakan pembicaraan dengan Honda di awal musim ini. Pada kesempatan itu, Dovizioso menyatakan bahwa dirinya berminat untuk kembali ke Honda.

Kendati demikian, belum lama ini Honda menyatakan tidak tertarik untuk menjadikan Dovizioso salah satu pembalapnya. Hal tersebut disampaikan oleh mantan bos prinsipal Honda, Livio Suppo.

“Kami menyukai Dovi, kami tahu nilainya, kami tahu (Dovi) pembalap hebat. Sejujurnya semua orang disini tak menyangka hasil yang didapatkannya musim ini, kami ikut senang,” ungkap Livio Suppo seperti dikutip Motorsport.

“Waktu itu kami (memang) berbicara dengan (Dovi), tapi musim depan semua tim sudah punya pembalap yang (masih) terikat kontrak jadi tak perlu lagi membahas hal tersebut,” tambah Suppo.

Yamaha Inginkan Dovizioso Bertahan di Ducati

Seperti juga Honda, Yamaha belum menunjukkan ketertarikannya untuk merekrut Dovizioso. Sebaliknya, Yamaha berpendapat bahwa sebaiknya Dovisiozo bertahan di Ducati.

“Anda memetik apa yang Anda tanam, dan terkait Andrea hal itu bukanlah kebetulan – itu adalah hasil dari lima tahun berkomitmen pada project,” ungkap bos Yamaha, Lin Jarvis.

“(Dovizioso) telah tumbuh bersama motornya, dan tahun ini keberuntungan ada pada Dovi dan dia mendapatkan musim yang gemilang. Dari sisinya, saya rasa hal yang terbaik adalah tetap bertahan di Ducati,” ujar Lin Jarvis lagi.

Baca Juga: Tinggalkan Yamaha, Jorge Lorenzo Pindah ke Ducati Musim Depan

Sementara itu direktur olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, menyatakan bahwa pihaknya menghargai hasil yang telah didapatkan Dovizioso musim ini. Dengan demikian, Dovizioso berada di posisi yang lebih baik untuk menegosiasikan kontraknya bersama Ducati.

Di akhir musim ini Andrea Dovizioso berada di posisi kedua klasemen pembalap (261 poin). Sementara pembalap Ducati lainnya, Jorge Lorenzo, menempati posisi ke-7 di klasemen pembalap (137 poin).