Honor Usher Pameran Bisa Mencapai 3 Juta Per Hari

Honor Usher Pameran
Source: inews

Honor usher di sebuah penyelenggaraan pameran bisa mencapai 3 juta per hari. Tidak sembarang orang bisa menjadi usher di pameran.

Tak bisa dipungkiri, di setiap penyelenggaraan pameran, kehadiran para SPG (sales promotion girl) dan usher turut mengundang perhatian para pengunjungnya. Jika SPG lebih banyak memberikan informasi mengenai produk yang dipamerkan, maka usher lebih bersifat sebagai “pemanis”. Selain itu, usher tidak memiliki kewajiban menjual produk layaknya seorang SPG.

Dilansir Tirto, seorang usher bisa mendapatkan honor sebesar 900 ribu hingga 1,5 juta pershift. Tak jarang banyak usher yang bekerja long shift dalam seharinya sehingga honor yang didapatkan lebih besar.

Honor Usher Pameran Bergantung Kategori

Honor terbesar untuk setiap shift biasanya didapatkan oleh usher yang berada di kategori A. Usher yang berada di kategori ini memiliki kriteria tinggi badan 170 cm dan memiliki kemampuan berbahasa asing. Usher di kategori A banyak digunakan jasanya di acara launching produk.

Namun, selain itu ada pula usher yang berada di kategori B, C dan D yang juga memiliki kriteria tersendiri. Khusus kategori B, para usher-nya minimal harus memiliki tinggi badan 165 cm tapi tidak harus bisa menguasai bahasa asing. Untuk sebuah acara pameran berskala besar, para produsen atau pemegang merk banyak menggunakan jasa usher kategori A dan B.

“Kerjanya itu per shift, enam jam per shift. Di kategori A itu ada yang long shift dari pagi sampai malam, jadi bayarannya dua kali lipat,” ujar salah seorang pengelola jasa SPG dan usher pameran.

Penampilan fisik yang sedap dipandang mata bukanlah satu-satunya kriteria yang dibutuhkan untuk bisa masuk di kategori A dan B. Seorang usher juga harus memiliki kecerdasan dan wawasan yang luas mengenai produk yang dipamerkan.

“Training produk diberikan di hari pertama. Selanjutnya ada pelatihan manner, kita juga diajari catwalk,” ujar salah seorang usher di kategori A.

Baca Juga: Saatnya Meraup Untung Besar Melalui Acara Pameran Otomotif

Jika sudah terpilih sebagai usher di kategori A, tak jarang produsen atau pemegang merk juga memberikan pelayanan khusus.

“Penginapan disediakan, di hotel itu waktu pertama datang dikasih surprise gitu, isinya produk perawatan tubuh. Kita diperlakukan sangat baik. Enggak berdiri terus, dikasih waktu duduk jadi penerima tamu, makanya enggak begitu capek.”

Namun, meski penghasilan dan keuntungan yang didapatkan cukup menjanjikan, tak jarang profesi SPG atau usher kerap dipandang sebelah mata. Belum lagi penilaian negatif dari keberadaan mereka di sebuah acara pameran. Kendati demikian tak semua usher menyalahgunakan profesi mereka. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang pengelola jasa SPG dan usher pameran.

“Mereka itu (usher dan SPG) bekerja untuk mencari tambahan penghasilan, khususnya yang mahasiswa. Mereka mau cari uang untuk jajan, bantu orang tua, jalan-jalan. Jangan dipikir usher terutama kategori A dan B itu bisa ‘dibayar’ karena mereka itu latar belakangnya orang mampu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here