Jangan Lupa Menetapkan Hot Button saat Mencari Karyawan Baru

hot button
Sumber : Du Updates

Mencari dan memilih karyawan baru yang berkualitas adalah tugas utama staf Human Resources Development (HRD). Itulah sebabnya staf HRD harus terampil menetapkan job description, job requirement, dan menyiapkan tes untuk calon karyawan baru. Selain itu, menentukan hot button juga tak kalah penting agar kesempatan memperoleh karyawan terbaik semakin terbuka lebar.

Apa yang Dimaksud dengan Hot Button?

Mengenal Kebiasaan Para Pencari Kerja

Sumber: Teklic

Tak dapat dipungkiri kalau biasanya para pencari kerja sering kali hanya melihat informasi tentang posisi, gaji, persyaratan utama, dan lokasi kerja. Sedangkan job requirement dan job description yang dicantumkan secara detail justru kerap diabaikan. Padahal, pemahaman terhadap kedua poin tersebut sangat penting sebelum melamar pekerjaan.

Itulah sebabnya staf HRD tak perlu terlalu serius menjelaskan job description dan job requirement pada lowongan kerja. Jika Anda merupakan staf HRD yang mengembang tugas tersebut, usahakan untuk menyampaikan lowongan kerja secara singkat tetapi jelas. Sehingga risiko salah persepsi tentang lowongan pekerjaan pun dapat diminimalkan.

Baca Juga: Fakta Unik tentang Tren Digital Payment di Indonesia

Staf HRD Patut Memahami Hot Button

Sumber: CC and Buxie

Secara garis besar, pengertian hot button memang agak sulit didefinisikan. Karena hal tersebut bukan berupa job description atau job requirement. Misalnya, ketika mencari seorang graphic designer, hot button yang dikehendaki dari calon karyawan adalah sebagai berikut:

  • Ekspektasi gaji yang sesuai dengan kemampuan perusahaan.
  • Bersedia melakukan revisi berkali-kali.
  • Berasal dari universitas ternama.
  • Pernah menjuarai event desain dan memiliki pola pikir kreatif.

Paparan tersebut tentu tak dijelaskan dalam job requirement. Tim HRD yang wajib memiliki sensitivitas tinggi agar bisa menemukan hot button pada diri calon karyawan.

Tim HRD Harus Melakukan Pendekatan Personal

Sumber: Edition CNN

Demi menemukan poin-poin hot button pada calon karyawan, tim HRD harus jeli dan melakukan pendekatan secara personal. Biasanya, pertanyaan-pertanyaan ringan selama sesi wawancara justru bisa mengungkap kepribadian calon karyawan secara detail. Jawaban-jawaban yang diberikan calon karyawan akan menggambarkan kepribadian dan kemampuan kerjanya.

Setelah mengenal calon karyawan secara lebih detail, peran decision maker dalam tim HRD sangat penting untuk menentukan keputusan besar. Semakin banyak hot button yang ditemukan dalam diri calon karyawan, maka semakin besar pula peluang calon karyawan tersebut mendapatkan pekerjaan.

Apakah selama ini perusahaan Anda sudah mendapatkan karyawan-karyawan berkualitas dengan hot button yang akurat?

Performa kerja karyawan terbaik sangat penting bagi perkembangan perusahaan di masa kini dan masa mendatang.

Beri komentar Anda tentang artikel ini