Mencoba Sensasi Tidur di dalam Kapsul Bernuansa Futuristik

hotel kapsul bandara

Belakangan ini tren hotel kapsul mulai bermunculan di kota-kota besar Indonesia. Hotel kapsul menawarkan kenyamanan sekaligus kepraktisan, cocok dengan karakter masyarakat urban yang aktif dan dinamis. Tak hanya berada di lokasi strategis pusat wisata, kini hotel kapsul juga bisa Anda temukan di Bandara Soekarno Hatta. Sebagai peraih peringkat ketujuh belas bandara tersibuk di dunia, keberadaan hotel kapsul menjadi salah satu daya tarik bagi para pelancong.

Sejak Agustus 2018, Digital Airport Hotel bisa dinikmati oleh para pelancong di Bandara Soekarno Hatta. Bertempat di Terminal 3 Kedatangan Domestik, Digital Airport Hotel menawarkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan bagi para pelancong, baik yang sedang menunggu keterlambatan maupun transit pesawat. Di dalam Digital Airport Hotel, ada 120 kapsul yang bisa memanjakan pengunjung dengan fasilitas lengkap.

hotel kapsul bandara
Digital Airport Hotel

Apa saja fasilitas di hotel kapsul?

Dalam sebuah kapsul berukuran 2 x 1 meter persegi, pengunjung mendapat satu set tempat tidur, televisi berukuran 22 inch (tipe alpha)/32 inchi (tipe beta), headphone, port USB, pendingin ruangan, lampu baca, serta lampu ambience yang dapat berganti warna sesuai kebutuhan. Setiap pengunjung juga mendapat satu unit loker, yang dapat digunakan untuk menyimpan koper atau peralatan lainnya. Pengunjung juga mendapatkan satu buah kartu akses, yang dapat digunakan untuk membuka kapsul serta loker. Ini merupakan bagian dari sistem keamanan di hotel kapsul.

hotel kapsul bandara
Suasana kamar hotel kapsul
hotel kapsul bandara
Dashboard pengaturan cahaya, pendingin ruangan, dan isi ulang daya
hotel kapsul bandara
Loker dengan sistem pengamanan card access
hotel kapsul bandara
Isi loker

Baca Juga : Pop Hotel Solo Terapkan Mobile Learning untuk Training Karyawan

Namun, untuk penggunaan kamar mandi pengunjung bisa menggunakan kamar mandi bersama (sharing bathroom) yang terletak tak jauh dari hotel. Saat ditemui oleh Job-Like Magazine, Business Development & Marketing Communication Kapsul Indonesia Stephen Pratama mengatakan, meskipun keberadaan hotel kapsul terbilang masih baru di Indonesia, namun untuk di Bandara Soekarno Hatta keberadaan hotel kapsul cukup digandrungi lantaran keunikan dan kepraktisannya.

“Biasanya yang menginap di hotel kapsul ini pasti orang-orang yang sedang melakukan perjalanan, entah karena pesawatnya delay, menunggu waktu transit yang cukup lama, atau pesawat mendarat terlalu larut sehingga membutuhkan tempat untuk beristirahat sebelum meneruskan perjalanan. Ketiga kondisi tersebut yang biasanya dialami oleh pengunjung kami. Untuk efisiensi waktu dan keamanan, mereka akhirnya memilih menginap di hotel kapsul,” ujarnya.

hotel kapsul bandara
Fasilitas toilet di Digital Airport Hotel

Baru 5 bulan dibuka, 70% kamar di hotel kapsul ini sudah terisi oleh para pengunjung setiap harinya. Harga yang ditawarkan sesuai dengan lamanya waktu menginap, yang terbagi ke dalam 3 pilihan; 6 jam, 9 jam, dan full day. Bagi pengunjung yang memilih menginap selama 6 jam harga satu kamarnya Rp 238 ribu, 9 jam sebesar Rp 268 ribu, dan satu hari penuh (full day) sebesar Rp 318 ribu.

Keseruan menginap di dalam kapsul futuristik dirasakan oleh Dana, salah satu pengunjung Digital Airport Hotel. Setelah melakukan pencarian di salah satu situs pencarian travel, Dana akhirnya memutuskan untuk menginap di Digital Airport Hotel sebelum melanjutkan perjalanannya ke Surabaya.

“Cukup bagus dan seru. Kebetulan saya suka suasananya yang futuristik gitu dan cukup nyaman. Kebetulan ini kali pertama saya mencoba tidur di hotel kapsul, jadi seru banget lah,”katanya.

Meski bentuknya mungil, namun kebersihan untuk setiap kamar hotel selalu terjaga. Ada 12 staf hotel yang siap melayani pengunjung selama 24 jam. Stephen menambahkan, saat ini ia akan fokus untuk mengembangkan hotel kapsul di Bandara Soekarno Hatta. Selanjutnya, Kapsul Indonesia juga akan segera merilis hotel kapsul kedua di wilayah Thamrin, Jakarta Pusat.

“Dengan adanya hotel kapsul ini, kami berharap bisa mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal keberadaan dan fungsi hotel kapsul. Sehingga, ke depan masyarakat tak perlu lagi mengeluarkan banyak dana hanya untuk menginap di hotel. Dengan harga seminimal mungkin, pengunjung tetap bisa mendapatkan fasilitas hotel namun dengan tampilan yang lebih praktis dan inovatif,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here