Apa yang Ditanyakan HRD pada Kontak Referensi Kerja pada saat Pengecekan Referensi?

Sumber: fastcompany

Jika sebuah lowongan kerja meminta Anda untuk menyertakan kontak referensi kerja, maka kemungkinan besar memang kontak tersebut pada suatu titik akan dihubungi. Jadi ketika Anda sudah berhasil pada tahap wawancara kerja dan pekerjaan tersebut sudah nampak hampir berada di tangan Anda, Anda belum bisa senang dulu. Kemungkinan, nasib Anda masih akan ditentukan pada orang lain lagi, yakni kontak referensi kerja yang Anda tulis pada resume. Anda pun mungkin bertanya-tanya, “Apa yang akan ditanyakan oleh pihak perusahaan saat pengecekan referensi? Apakah pembicaraan di balik punggung tersebut akan berjalan sesuai harapan?” Menjadi paranoid dengan ini tentu adalah hal yang berlebih, tapi penasaran terhadap apa yang ditanyakan pihak HRD adalah sesuatu yang wajar. Dan mengetahuinya juga bisa berguna bagi Anda untuk berjaga-jaga.

Inilah yang Ditanyakan Perusahaan pada saat Pengecekan Referensi

Pengecekan referensi memberikan kesempatan kepada pihak perusahaan untuk berbicara kepada mantan manajer atau rekan kerja Anda untuk bisa lebih banyak tahu sejarah kerja Anda, performa, serta profesionalisme. Jadi, seperti inilah kira-kira pertanyaan yang biasa diberikan.

Pengecekan Fakta yang Anda Nyatakan Selama Proses Rekrutmen

Sumber : thinglink

Ketika seorang HRD, perekrut, atau manajer personalia menelepon kontak referensi Anda, mereka bukan hanya melakukan ini untuk mendengarkan hal-hal baik tentang Anda. Namun, mereka melakukan ini untuk menggali dalam-dalam apakah Anda memang seperti yang Anda representasikan dalam resume dan selama proses wawancara berlangsung. Melakukan pengecekan referensi memberikan kesempatan kepada pihak perekrut untuk menanyakan red flags atau hal-hal mencurigakan yang ada pada proses rekrutmen. Jika kontak referensi Anda memberikan rekomendasi yang buruk, maka ini bisa memengaruhi kesempatan Anda. Karena itu, Anda wajib untuk mengontak dulu referensi Anda dan mendiskusikan ekspektasi Anda seandainya seseorang dari perusahaan mengontak referensi tersebut.

Seperti Apa Anda di Kantor Sebelumnya

Sumber : dailystar

Siapa yang Anda tulis sebagai kontak referensi sangatlah penting. Pihak perusahaan ingin mengetahui hubungan apa yang Anda miliki dengan nama yang Anda tulis sebagai kontak referensi untuk bisa menentukan kualitas data yang diberikan. Karena itu, Anda perlu merekomendasikan para referensi yang memang pernah bekerja dengan Anda atau secara langsung memanajeri Anda sebagai karyawan karena ini membantu pihak perusahaan memahami seperti apa bekerja dengan Anda.

Kemudian, pihak perusahaan akan menanyai beberapa pertanyaan tentang Anda, seperti: Seperti apa rasanya mengelola Anda? Dalam area apa saja Anda butuh pelatihan dan dukungan tambahan? Bagaimana kontak referensi Anda melihat sejauh mana Anda tumbuh secara profesional? Pihak perusahaan hanya ingin belajar lebih banyak tentang diri Anda dan memahami, bahwa sebelum memberikan Anda tawaran, mereka benar-benar percaya Anda memang cocok untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Seberapa ‘Bisa Disukai’nya Anda

ramah

Pihak perusahaan juga ingin memastikan bahwa karyawan yang dipekerjakannya akan bisa berjalan selaras dan saling mendukung dalam budaya kerja perusahaan. Proses wawancara beberapa kali memang bisa dipakai sebagai bahan untuk menganalisa Anda, tetapi ini tidak bisa menjamin bahwa Anda adalah benar-benar seperti yang Anda tampilkan saat pertemuan yang hanya satu hingga tiga kali ini. Karena itu, saat pengecekan fakta, pihak perusahaan juga ingin memastikan bhawa Anda berkepribadian yang akan bisa cocok dengan anggota tim yang lain. Meskipun penampilan dan prestasi Anda gemilang, tetapi kontak referensi Anda memberikan bocoran bahwa sifat Anda mungkin akan mengganggu kerja sama atau kelancaran tim berjalan, maka ini bisa jadi pertimbangan buruk.

Yang perlu Anda ingat, ketika perusahaan menelepon kontak referensi Anda, ini artinya hampir selalu tanda baik. Pengecekan referensi biasanya dilakukan ketika hendak memberikan tawaran pekerjaan, jadi pastikan bahwa Anda memberikan kontak yang mendukung dan pekerjaan akan ada dalam genggaman.

Baca Juga : Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja yang Berkaitan Dengan Referensi Dari Mantan Bos