Hati-Hati! Ibu Hamil yang Bekerja Harus Waspada karena Lebih Rentan Keguguran

Sumber : Google Plus

Kehamilan merupakan kabar yang membahagiakan bagi kaum wanita. Anda tentu ingin melakukan hal-hal terbaik saat menyambut kehadiran buah hati. Namun, aktivitas sebagai wanita karier biasanya membuat jadwal Anda tetap padat meskipun sedang hamil. Itulah sebabnya Anda wajib lebih cermat menjaga kesehatan diri sendiri dan calon bayi Anda.

Ternyata 15% hingga 20% wanita dengan usai kehamilan di bawah 12 minggu rentan keguguran. Risiko tersebut bahkan bisa lebih tinggi lagi di kalangan wanita karier.

Beberapa penyebab berikut ini membuat wanita karier lebih rentan keguguran dibandingkan wanita yang tidak bekerja

Terlalu Lelah Saat Bekerja

Sumber : Daily Mail

Bukan rahasia lagi bahwa wanita hamil tidak boleh bekerja terlalu lelah. Bekerja bukanlah sesuatu yang haram bagi ibu hamil. Namun sebaiknya pekerjaan tersebut harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Wanita hamil yang terlalu fokus pada pekerjaan hingga terlalu lelah tentu rentan keguguran. Terutama pada usia kehamilan yang masih sangat muda.

Sering Lembur di Kantor

Sumber : Shutterstock

Jangan merasa baik-baik saja sewaktu lembur di kantor dalam keadaan hamil. Anda dan calon bayi membutuhkan waktu istirahat yang cukup menjelang malam hari. Alangkah lebih baik bila Anda mengurungkan niat untuk lembur. Nikmati suasana rumah yang santai supaya Anda dan calon bayi tidak terlalu lelah usai bekerja.

Baca Juga : 4 Karakter Wajib untuk Menjadi Wanita Milenial yang Memiliki Karier Cemerlang

Konsumsi Kafein Berlebihan

Sumber : Chocolate Project

Anda tentu menghindari konsumsi kopi selama hamil karena kopi memang dikenal tinggi kafein. Namun, rupanya bukan hanya kopi saja yang mengandung kafein. Berbagai jenis makanan dan minuman lainnya seperti cokelat, teh, soda, dan permen penyegar napas ternyata juga mengandung kafein. Meskipun kadar kafeinnya tidak sebanyak kopi, konsumsi makanan dan minuman berkafein secara berlebihan tetap dapat meningkatkan risiko keguguran.

Infeksi Penyakit yang Disebabkan Virus

Sumber : Medimetry

Anda tentu menjaga kebersihan diri sendiri dengan baik selama hamil. Sayangnya, hal ini tidak berlaku pada lingkungan kerja Anda. Sebab Anda bisa saja terinfeksi virus penyebab penyakit yang menular di kantor. Rekan kerja yang sakit dan lingkungan kerja yang tidak higienis akan menyebabkan wanita karier rentan keguguran. Anda harus ekstra cermat menjaga kesehatan selama hamil. Sebaiknya Anda melakukan langkah antisipasi sebelum infeksi virus membahayakan Anda dan calon bayi.

Kerap Mengangkat Beban Berat

Sumber : Baby Cemter

Sebelum hamil mungkin Anda tipe wanita karier mandiri yang sering menyelesaikan pekerjaan sendiri. Bahkan mengangkat barang-barang berat pun bukan hal sulit bagi Anda. Ketika sedang hamil, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan tersebut. Jangan segan meminta bantuan pada rekan kantor atau staf kebersihan. Karena mengangkat beban berat selama hamil juga membuat wanita karier rentan keguguran.

Jika kelima penyebab keguguran tersebut berhasil Anda hindari, niscaya kehamilan Anda akan berlangsung sehat dan lancar. Mari menjadi wanita karier yang menyayangi diri sendiri dan calon bayi dengan cara yang cerdas.

Beri Komentar Anda

komentar