Berbagai Ide Mendapat Sumber Penghasilan Tambahan Saat Resesi

Sumber penghasilan tambahan dirasa harus dimiliki bagi sebagian karyawan untuk mengadapi masa pandemi. Terlebih pemerintah sudah memastikan terjadinya resesi di kuartal ketiga tahun ini. Tentu tidak ada karyawan yang ingin kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), tapi tidak ada salahnya berjaga-jaga.

Lalu, sumber penghasilan tambahan tersebut bisa didapat lewat apa saja? Berikut beberapa ide yang bisa coba kamu terapkan untuk menambah penghasilan bulananmu.

Kenapa Butuh Penghasilan Tambahan?

Alasan utamanya adalah untuk memperkuat dana darurat. Tidak ada jaminan keadaan ekonomi lekas pulih pasca pandemi. Mau tidak mau, kamu harus siapkan skenario terburuk andai harus kehilangan pekerjaan atau kesempatan bekerja lagi.

Sumber penghasilan tambahan dapat membuat kamu sedikit bernapas lega. Setidaknya, ada sumber dana lain yang bisa diandalkan jika sewaktu-waktu kamu kena PHK. Jadi, cobalah mulai lihat kesempatan, kira-kira pekerjaan sampingan apa yang bisa kamu lakukan?

Mengambil Freelance Job

Pekerjaan sampingan yang paling mungkin dilakukan adalah bekerja lepas. Jika kamu punya keterampilan lain seperti desain, menulis, atau editing; manfaatkanlah hal tersebut. Kamu bisa menjadi freelancer untuk proyek-proyek kecil dulu sebagai awalan.

Perlu kamu ketahui nih, kebutuhan konten-konten kreatif masih tetap diperlukan di masa pandemi begini. Banyak startup membutuhkan tenaga kerja lepas untuk memenuhi konten mereka. Maklum, memperkerjakan pekerja lepas dianggap sebagai solusi menekan biaya SDM.

Memulai Bisnis Online Termudah

Cara lain untuk memperoleh sumber penghasilan tambahan adalah dengan berbisnis online. Zaman sekarang, membuka toko pun bahkan bisa secara online. Manfaatkan kemudahan teknologi untuk membuka bisnis kecil-kecilan sebagai pekerjaan sampingan.

Kamu tidak harus berbisnis dalam skala besar kok. Ambil saja binis yang lebih mudah, misalnya reseller atau dropshipper. Keuntungan yang kamu dapatkan bisa dikumpulkan pelan-pelan untuk mengisi sumber dana bulananmu.

Baca Juga: Tips Menyelamatkan Bisnis dari Resesi karena Pandemi COVID-19

Garage Sale Jika Diperlukan

Perhatikan deh barang-barang yang kamu miliki, entah itu pakaian, tas, sepatu, atau peralatan lain. Adakah yang kira-kira sudah jarang dipakai dan bisa kamu jual? Ya, kamu bisa lakukan garage sale buat mendapatkan sumber penghasilan tambahan kok.

Jangan malu menjual barang-barang pribadi, toh fungsinya sendiri memang sudah berkurang buatmu kan? Ada baiknya kamu jual barang tersebut agar tidak banyak barang menumpuk di rumah. Selain itu, hasil penjualannya lumayan juga buat menambah dana daruratmu.

Jelas kan kalau ternyata memiliki sumber penghasilan tambahan itu sangat perlu di tengah ancaman resesi ini. Tidak ada salahnya kamu mulai cari peluang yang paling mungkin kamu lakukan mulai sekarang. Tetap semangat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here