Implementasi Growth Hacking untuk Memaksimalkan Bisnis

growth hacking
Sumber : Groupe-Practique

Anda pernah dengar tentang istilah growth hacking?

Istilah tersebut sebenarnya sudah cukup populer di bidang bisnis. Growth hacking dapat didefinisikan sebagai berbagai cara tak biasa yang dilakukan saat berbisnis dengan tujuan mempercepat perkembangan bisnis tersebut.

Sudah banyak perusahaan di Indonesia yang melakukan growth hacking demi memaksimalkan perkembangan bisnisnya.

Seperti halnya Ramayana yang menghadirkan iklan bernuansa norak pada bulan Ramadan 2018 dan Gojek yang mengharuskan para pengemudinya menggunakan seragam berupa jaket dan helm. Selain upaya tersebut, beberapa strategi growth hacking ini juga efektif untuk diimplementasikan pada bisnis Anda:

Mencantumkan Informasi tentang Jumlah Konsumen

Sumber : Yabiladi

Kalau Anda memiliki jumlah konsumen atau pengunjung website yang fantastis, tak ada salahnya bila Anda memanfaatkan pencapaian tersebut. Cobalah mencantumkan jumlah konsumen atau pengunjung website pada media sosial atau website Anda. Hal tersebut menunjukkan bahwa bisnis Anda sangat populer. Sehingga calon konsumen lainya semakin tertarik terhadap produk Anda.

Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis? Pelajari Dulu Ranah Social Commerce Indonesia

Memberikan Produk Gratis

Sumber : Kratomalliance

Siapa sih yang tak senang bila bisa memperoleh produk gratis. Strategi growth hacking yang satu ini memang selalu berhasil mempopulerkan suatu bisnis. Jadi, tak ada salahnya bila Anda mengalokasikan sebagian budget marketing untuk menyiapkan produk gratis. Supaya produk Anda semakin dikenal khalayak ramai dan popularitasnya makin meningkat.

Menghadirkan Konten Kekinian

Sumber : Daffardhan

Konten kekinian yang istimewa juga bisa menjadi cara terbaik untuk menarik perhatian masyarakat. Apalagi kini penggunaan internet membuat masyarakat semakin aktif melakukan pencarian informasi setiap hari. Pada umumnya, pengguna internet menyukai informasi bermanfaat yang dikemas dengan gaya penyampaian ringan.

Anda bisa memanfaatkan konten-konten modern seperti vlog untuk memperkenalkan bisnis Anda. Sekarang, Anda juga bisa bekerja sama dengan sejumlah influencer terkenal untuk mencapai target marketing yang sudah Anda tetapkan.

Selalu Melakukan Evaluasi Produk

Sumber : Coe

Opini pribadi dari tim internal bisnis belum cukup untuk memperbaiki bisnis. Anda juga wajib melakukan evaluasi produk berdasarkan minat konsumen. Prinsip growth hacking ini akan menggugah tim bisnis Anda untuk berinovasi sesuai kebutuhan konsumen. Apalagi sekarang Anda bisa memanfaatkan media polling di media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk mencari tahu keinginan konsumen. Meskipun hasil polling tidak bisa menjadi patokan yang sepenuhnya valid, hal tersebut tetap berkontribusi besar bagi perkembangan bisnis Anda.

Jadi, sudahkah bisnis Anda mengimplementasikan konsep growth hacking yang tepat?

Jika bisnis lain bisa melakukannya secara maksimal, pasti bisnis Anda pun bisa mencapai kesuksesan yang sama.

Beri komentar Anda tentang artikel ini