Finansial Sehat Dapat Dilihat dari Indikator Ini, Apa Saja?

Finansial sehat wajib kamu miliki, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi dengan kondisi ekonomi di masa depan. Itu sebabnya, kamu sudah seharusnya paham nih apakah kondisi finansial keluargamu sudah baik.

Dilansir dari ZAP Finance, berikut beberapa indikator yang menunjukkan kondisi finansial sehat. Kira-kira kamu sudah memiliki beberapa di antaranya belum?

Kamu Dikatakan Punya Finansial Sehat jika Punya Dana Darurat

Belajar dari kondisi pandemi COVID-19 ini, salah satu poin penting yang harus kamu cek adalah dana darurat. Setidaknya kamu harus memiliki dana darurat minimal tiga kali pengeluaran rutin bulananmu.

Untuk berjaga-jaga di situasi sulit seperti sekarang, ada baiknya kamu siapkan dana sebesar 12 kali pengeluaran bulanan.

Keuanganmu Tidak Terganggu dengan Utang atau Cicilan

Tidak ada yang salah jika memiliki utang atau pun cicilan, tapi tetap saja ada rambu-rambunya ya. Finansial sehat tercermin dari kewajiban menicicil utang tanpa beban. Pastikan seluruh cicilan utangmu tidak melebihi 30 persen dari penghasilan bulananmu.

Baca Juga: Tips Mudah Mengelola Keuangan untuk Pasangan Muda

Memiliki Tempat Tinggal Juga Bagian dari Finansial Sehat

Meski tidak semua keluarga mampu memiliki rumah, mau tidak mau kita harus berkaca bahwa ini merupakan kebutuhan primer. Jadi, keuanganmu dikatakan sehat jika sudah mampu memiliki rumah.

Entah itu masih kontrak atau sudah memiliki sendiri, kebutuhan primer ini mutlak untuk dicukupi ya.

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sedini Mungkin

Buat kamu yang baru saja berkeluarga, pastikan sudah menyiapkan dana pendidikan anak sedari awal pernikahan. Pertimbangkan juga kalian berencana memiliki berapa anak agar lebih siap sejak dini. Ingat, biaya pendidikan selalu meningkat hingga 15 persen per tahun ya.

Finansial Sehat dengan Mempunyai Dana Pensiun

Tidak semua pekerja memiliki uang pensiun layaknya pegawai negeri sipil (PNS). Siapkan dana pensiunmu mulai dari sekarang untuk bisa menyiapkan masa tua dengan tenang. Kamu bisa alokasikan dana pensiun melalui reksadana atau pun bentuk investasi lainnya.

Gaya Hidup Sesuai dengan Pendapatan

Tahukah kamu bahwa finansial sehat pun tercermin dari gaya hidupmu? Pendapatan yang makin naik dari tahun ke tahun tidak serta merta membuatmu meningkatkan gaya hidup. Sesuaikan kebutuhanmu dengan kondisi keuangan terkini, jangan mudah loyal mengeluarkan uang.

Punya Asuransi Bagian dari Finansial Sehat Loh

Pastikan kamu memiliki asuransi, entah itu asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa. Setidaknya kamu memiliki BPJS dari pemerintah untuk menanggulangi biaya kesehatan tak terduga. Akan jauh lebih baik jika juga memiliki asuransi jiwa bagi keluarga.

Memahami Portofolio Keuangan Keluarga

Terakhir, sudahkah kamu memahami portofolio keuanganmu dan keluarga? Misalnya, mencermati lagi aset apa saja yang dimiliki. Simak juga apakah asetmu hanya berupa rumah saja atau justru berupa uang dalam bentuk tabungan dan deposito saja?

Jadi, sudah sehatkah finansial keluargamu? Jika ada indikator yang belum kamu miliki, tak perlu kecewa. Pelan-pelan bangun keuangan keluarga lebih baik mulai sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here