Ingin Hidup Tenang di Masa Tua? Persiapkan 4 Hal Ini!

hidup tenang di masa tua
Sumber : TotalFratMove

Semua orang tentunya menginginkan hidup yang terjamin dan aman di masa tua. Kondisi fisik dan pikiran yang semakin menurun tentunya tak lagi bisa bekerja maksimal seperti saat masih muda, sehingga sulit jika dipaksakan harus bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup. Anda tentunya tak ingin masa tua dihabiskan untuk membanting tulang demi bertahan hidup. Pastinya hidup yang tenang dan aman secara finansial menjadi keinginan Anda di masa tua kelak. Untuk mewujudkannya, pentinglah untuk menyiapkan berbagai hal sejak sekarang untuk mewujudkan hidup tenang di masa tua Anda kelak.

Hidup tenang di masa tua tentunya menjadi impian semua insan, jangan abaikan 5 hal ini sejak sekarang jika ingin mewujudkannya!

Bisnis Milik Sendiri

tips ampuh berbisnis

Sejak masih berada di usia yang produktif untuk bekerja, sebaiknya Anda mencoba membuka usaha sendiri. Merintis bisnis milik sendiri baik dilakukan sejak sekarang agar bisa menjadi modal Anda memnuhi kebutuhan kelak jika sudah berada di masa pensiun. Mengandalkan gaji pensiun saja tentunya tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda nantinya, karena jumlahnya yang jauh lebih kecil dari penghasilan Anda saat masih bekerja. Anda bisa memulai membuka bisnis, bisa dimulai dari bisnis kecil-kecilan yang tidak bermodal begitu besar. Penghasilan yang Anda dapatkan tentunya bisa menjadi penghasilan tambahan ataupun disimpan sebagai persiapan keuangan yang mapan di masa pensiun kelak. Selain itu, bisnis yang Anda rintis sejak sekarang ini bisa nantinya berkembang dan menjadi sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan Anda di masa tua.

Baca Juga: Mengenal Gig Economy yang Bisa Menimbulkan Bahaya Finansial bagi Milenial

Asuransi

Memilih asuransi kesehatan

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kondisi fisik pun tentunya akan semakin menurun dan melemah. Dengan kondisi demikian, tak ada yang bisa memprediksi apa yang akan mengganggu kesehatan maupun kejadian apa yang akan menimpa Anda. Oleh karena itu, memiliki asuransi kesehatan wajiblah hukumnya Anda miliki sejak sekarang. Asuransi kesehatan berfungsi sebagai perlindungan kesehatan Anda nantinya dan meminimalisir buruknya keadaan saat kemalangan atau sakit menimpa Anda. Memilih asuransi kesehatan tentunya perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan. Jangan sampai Anda salah pilih, pastikan jenis asuransi kesehatan yang akan Anda pilih terpercaya dan jelas jejak rekam kerjanya. Walaupun sudah memiliki asuransi kesehatan nantinya, tetaplah jaga kesehatan sebaik-baiknya, bukan berarti Anda boleh lalai menjaga kesehatan karena sudah dilindungi asuransi.

Hunian Pribadi

Memiliki tempat perlindungan yang aman dan nyaman memanglah menjadi kebutuhan setiap orang. Terutama di masa tua kelak, Anda tentunya tidak ingin pusing-pusing memikirkan hendak tinggal di mana ataupun berpindah-pindah karena masih mengontrak. Masa tua hendaknya dihabiskan untuk bersantai dan menikmati waktu bersama orang terdekat tanpa terbeban pikiran. Untuk mewujudkannya, Anda harus mempersiapkan hunian milik prihadi yang layak dan nyaman sejak sekarang. Jika belum mampu membeli rumah secara tunai, ada berbagai alternatif lain yang bisa Anda tempuh, seperti menyicil ataupun memilih program rumah bersubsidi bagi Anda yang berpenghasilan pas-pasan. Tidak harus memiliki rumah mewah impian, rumah yang layak dan nyaman sudahlah sangat cukup sebagai tempat berlindung.

Baca Juga: Golden Rule yang Bisa Diterapkan untuk Investasi saat Masa Pensiun

Berinvestasi

cara berinvestasi

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Anda bisa memulai berinvestasi sejak sekarang jika ingin masa tua Anda aman secara finansial. Hasil dari investasi bisa Anda manfaatkan untuk menghidupi masa tua Anda ataupun sekadar menjadi dana tambahan saat hari tua telah tiba. Tidak harus investasi besar-besaran, mulailah dari skala kecil, misalnya membeli emas ataupun melakukan jual beli saham. Anda bisa memulainya dengan menyisihkan 10-15% dari penghasilan Anda sejak dini untuk diinvestasikan. Jangan tunggu hingga masa pensiun Anda sudah dekat, tetapi mulailah sedini mungkin agar hasil yang akan Anda nikmati akan lebih besar dan mencukupi.

Selesaikan Utang-Utang

hindari utang

Anda tentunya tidak mau hidup Anda di masa tua terbebani oleh utang-utang, bukan? Segera selesaikan segala jenis utang, pinjaman, kredit, dan lainnya sejak sekarang. Aturlah sedemikian rupa agar sebagian penghasilan Anda disisihkan untuk melunasi utang-utang Anda. Agar hidup tenang di masa tua, Anda bisa menjauhi munculnya utang-utang baru dengan menerapkan hidup hemat dan sederhana. Jika Anda menerapkan gaya hidup yang sesuai dengan penghasilan Anda, tentunya Anda tidak harus berutang guna memenuhi keinginan-keinginan yang melebihi kemampuan Anda. Kurangi aktivitas-aktivitas yang sering mengacaukan finansial Anda, misalnya kurangi intensitas ngopi ataupun nongkrong, gunakan transportasi umum lebih sering, ataupun mulai untuk memasak sendiri.

Hidup tenang di masa tua tentunya mungkin untuk Anda rasakan jika Anda berkemauan untuk mempersiapkannya sejak dini. Persiapkanlah kelima hal di atas dengan matang dan konsisten agar Anda bisa menikmati masa tua dengan bahagia dan tenang tanpa beban pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here