Ingin Jadi Pegawai Negeri Sipil? Ikutilah Tips Lolos Seleksi CPNS 2017 Ini

Sumber : jpnn

Pemerintah tahun ini kembali membuka kesempatan bagi para pencari kerja untuk bergabung dengan mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk beberapa posisi. Bahkan, pendaftaran akan segera dibuka pada Agustus mendatang. Jika Anda ingin mendaftar, tentu Anda harus mengikuti tips lolos seleksi CPNS yang tepat karena Anda akan menghadapi banyak saingan dalam proses seleksi ini.

Ini Tips Lolos Seleksi CPNS Yang Harus Anda Terapkan

Persiapkan Sejak Dini

Surat Lamaran CPNS

Jika Anda memang berencana untuk menjalani seleksi CPNS 2017, maka Anda harus mempersiapkan diri sejak sekarang. Tes CPNS ini memiliki persyaratan yang cukup banyak. Agar lolos seleksi administrasi, maka Anda harus memenuhi semiua persyaratan yang diminta. Karena itu, persiapan Anda seharusnya bukan hanya dengan mempelajari materi untuk uji kemampuan, tetapi juga melengkapi syarat administrasi yang diminta.

Persiapkanlah segala dokumen yang diperlukan dengan detail dan lengkap agar Anda tidak gugur dalam seleksi administrasi. Setelah merasa melengkapi semua syarat, daftarkan diri Anda secara online dengan menuju alamat https://sscn.bkn.go.id mulai awal Agustus nanti.

Pelajari Kisi-Kisi Materi CPNS

Sumber : blogspot
Sumber : blogspot

Tips lolos seleksi CPNS berikutnya adalah pendalaman materi. Seperti setiap tes lainnya, agar sukses untuk bisa lolos dalam seleksi CPNS ini, Anda harus dengan giat mempelajari materi yang akan diujikan dalam proses seleksi. Dalam tes ini, di tahap awal Anda akan menjalani seleksi dengan tiga kelompok soal: Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK, Tes Intelegensia Umum atau TIU, dan Tes Karakteristik Pribadi atau TKP.

Tes Wawasan Kebangsaan berisi soal-soal untuk menilai penguasaan dan pengetahuan nilai-nilai kebangsaan Indonesia yang terdiri dari empat pilar, yaitu Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di sinilah pemahaman Anda terhadap kebangsaan diuji.

Selanjutnya adalah Tes Intelegensi Umum yang merupakan seleksi untuk menilai kemampuan verbal baik tertulis maupun lisan, kemampuan numerik, dan kemampuan logika. Sedangkan, bagian terakhir dari tes tahap ini adalah Tes Karakteristik Pribadi yang merupakan sebuah proses psikotes untuk menilai integritas, kreativitas, inovasi, pengendalian diri, orientasi pada pelayanan, kemandirian dalam bekerja, dan lain-lain.

Pelajari Detail dan Materi Posisi Yang Akan Dilamar

Seleksi CPNS
Sumber: CPNSIndonesia

Sama seperti melamar posisi lainnya, untuk CPNS tahun ini, Anda harus mengikuti Tes Kompetensi Bidang atau Seleksi Kompetensi Bidang. Proses seleksi ini akan menguji pemahaman dan kompetensi Anda tentang posisi yang Anda lamar. Dalam seleksi ini, Anda masih akan memiliki banyak saingan yang harus Anda singkirkan, walaupun tidak semua peserta yang berhasil lolos passing grade tes sebelumnya akan melaju ke babak ini. Proses ini dilakukan dengan media CAT dan mungkin akan dilengkapi dengan metode tes lainnya yang sesuai dengan posisi yang dibuka.

Gunakan Waktu Maksimal Untuk Menjawab Soal

Sumber : jpnn
Sumber : jpnn

Tips lolos seleksi CPNS selanjutnya terkait dengan manajemen waktu. Ketika Anda menjalani tes dengan sistem CAT, gunakan waktu Anda semaksimal mungkin. Jawablah semua soal dan jangan meninggalkan soal begitu saja tanpa berusaha menjawabnya karena akan sayang jika ternyata Anda benar. Akan tetapi, pastikan juga bahwa Anda tidak membuang waktu karena terjebak di soal-soal yang susah.

Kerjakanlah soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Setelah semuanya selesai, Anda bisa kembali mengerjakan soal yang membingungkan bagi Anda. Jika Anda mendapati satu soal dengan jawaban benar yang ganda, maka segera pilih salah satunya. Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak mempermasalahkan soal ketika merasa ada yang kurang tepat karena keluhan ini tidak akan dilayani oleh panitia.

Selain itu, jangan pernah bekerja sama dengan peserta seleksi lain karena ini akan menyabotasi kesempatan Anda. Selamat mempersiapkan diri dan jangan lupa ikuti tips lolos seleksi CPNS di atas!

Beri Komentar Anda

komentar