Ingin Naik Jabatan? Kerja Keras Saja Tidak Cukup, Lakukan 3 Hal Ini

ingin naik jabatan
sumber: ellevatnetwork

Ibaratkan diri Anda sebagai seorang karyawan yang bukan hanya sukses memenuhi apa yang menjadi kewajiban Anda, melainkan tergolong karyawan teladan. Anda bisa diandalkan, Anda mengerjakan segala sesuatunya dengan efisien, dan Anda membangun hubungan yang sangat baik dengan atasan-atasan. Anda percaya diri bahwa Anda siap untuk melangkah ke tahapan berikutnya di karir Anda. Apakah ini akan menjamin bahwa Anda akan sukses mendapatkan kenaikan jabatan? Sayangnya, jika Anda ingin naik jabatan, hal ini tidak cukup untuk memastikan bahwa Anda tidak akan melewatkan promosi.

Ini kenyataannya, bekerja keras saja tidak cukup untuk mengabulkan harapan Anda jika ingin naik jabatan. Jika Anda merasa selama ini sudah memutar roda perusahaan terus menerus tanpa membuat perkembangan yang signifikan, kini waktunya mengubah apa yang Anda lakukan. Cobalah hal-hal berikut ini.

Ini yang Harus Anda Lakukan Kalau Ingin Naik Jabatan

Bantulah Rekan-Rekan Kerja Anda

Patut Dicoba! Trik Psikologi Ini Dapat Membantu Anda Sukses Interview Kerja
Sumber: Independent

Jika Anda ingin naik jabatan, Anda harus mendemonstrasikan kepada atasan-atasan bahwa Anda bukan hanya mampu menjalankan peran kepemimpinan, namun benar-benar peduli terhadap kesuksesan teman-teman dan anggota tim Anda. Misalnya, jika pada suatu hari Anda harus sibuk mengerjakan tugas dan tidak bisa berkomunikasi seharian, tetap luangkan waktu pada akhir hari untuk menanyakan kepada rekan-rekan kerja Anda apakah mereka membutuhkan bantuan. Seorang karyawan yang mau membantu ketika dibutuhkan akan dengan cepat mendapatkan perhatian dari pihak manajemen. Lebih penting lagi, ini bisa membantu Anda membangun hubungan yang lebih dekat dengan rekan-rekan kerja. Karena jika waktunya naik jabatan, pihak manajemen juga akan memperhitungkan faktor bahwa Anda adalah karyawan yang mampu menggalang dukungan dari karyawan-karyawan lainnya.

Baca Juga: Dipromosikan? Jangan Sampai Membuat Berbagai Kesalahan Setelah Naik Jabatan Berikut

Lakukan Pekerjaan di Luar Deskripsi Anda

Sumber : Everyday Health

Melakukan pekerjaan Anda jelas tidak cukup jika Anda ingin naik jabatan, semua orang sudah tahu hal ini. Terus-menerus sekadar melakukan apa yang ada pada deskripsi kerja Anda adalah sebuah cara yang efektif untuk mengomunikasikan “ini bukan pekerjaan saya” kepada manajer Anda. Apalagi, jika sebenarnya Anda bisa melakukan pekerjaan tersebut. Jelas, ini bukan karakter karyawan yang akan dipertimbangkan untuk naik jabatan. Tetapi, Anda juga tidak cukup hanya sekadar mau melakukan pekerjaan yang di luar deskripsi kerja Anda. Anda harus proaktif dan nampak senang saat melakukannya.

Mengambil inisiatif untuk melatih orang-orang lain di departemen-departemen lain adalah salah satu strategi yang cerdas untuk membuat diri Anda menjadi karyawan yang berharga. Selain itu, ini juga akan menunjukkan komitmen Anda kepada brand dan visi perusahaan.

Tetapi, menunjukkan antusiasme Anda tidak harus selalu dalam lingkup operasi-operasi kerja. Anda juga bisa membuat kontribusi terhadap budaya perusahaan. Coba adakan sebuah ajang amal, atau ikuti komite kesehatan dan keselamatan perushaan. Integrasikan diri Anda dengan bahan sosial dari kantor sebagai sebuah cara untuk menunjukkan kepada atasan-atasan bahwa Anda peduli kepada brand perusahaan dan karyawan-karyawan lain.

Transparanlah kepada Bos Anda

Sumber : Monster

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dibuat jika Anda ingin naik jabatan adalah membiarkan atasan tidak tahu aspirasi-aspirasi Anda. Bisa saja dia mengasumsikan bahwa Anda sudah nyaman berada di peran Anda yang sekarang dan tidak mencari tanggung jawab ekstra lainnya. Jadilah transparan dengan atasan mengenai gol-gol Anda sehingga Anda jadi yang pertama yang dipikirkan olehnya ketika ada kesempatan untuk jabatan muncul. Selain itu, mintalah juga umpan balik dari atasan Anda mengenai apa yang Anda butuhkan untuk bisa meraih gol-gol Anda di perusahaan tersebut.

Semoga sukses!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here