Ingin Olahraga Setelah Pulang Kantor? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Olahraga adalah salah satu aktivitas penting yang mesti dilakukan secara teratur. Sayangnya, banyak orang yang merasa rutinitas kerja menghalangi realisasi olahraga. Sebenarnya kamu dapat menyisihkan sedikit waktu dengan melakukan olahraga setelah pulang kantor.

Aktivitas olahraga setelah pulang kantor memang harus dilakukan secara cermat agar tidak mengganggu kondisi fisik. Jangan lupa memperhatikan lima hal penting ini untuk menjaga kebugaran dan semangatmu.

Menentukan Waktu Olahraga yang Tepat

Rentan terbaik untuk olahraga setelah pulang kantor adalah jam lima hingga jam sembilan malam. Jika kamu berolahraga di antara jam tersebut, kamu masih punya jeda waktu yang cukup untuk istirahat dengan estimasi tidur malam mulai jam 11.

Pemilihan waktu olahraga tersebut akan membuat tubuh kamu tetap bugar karena tidak kurang tidur. Proses regenerasi sel-sel tubuh pun akan tetap berlangsung lancar.

Melakukan Olahraga dengan Durasi yang Tak Berlebihan

Tubuh tidak membutuhkan durasi olahraga berlebihan agar bentuk tubuh tetap ideal dan sehat. Kamu hanya perlu menyisihkan waktu selama 30 hingga 60 menit untuk olahraga setelah pulang kantor.

Baca Juga: Deskercise: Cara Mudah untuk Tetap Sehat Meski Seharian Sibuk di Kantor

Lakukanlah olahraga yang kamu sukai, misalnya bersepeda, berenang, jogging, atau olahraga permainan (futsal, bulutangkis, dan basket). Kalau durasi olahraga tidak berlebihan, kamu tak akan merasa terlalu lelah dan tetap semangat beraktivitas keesokan harinya.

Jangan Mengabaikan Pemanasan dan Pendinginan

Meskipun durasi olahraga setelah pulang kantor terbilang singkat, bukan berarti kamu tak butuh pemanasan dan pendinginan. Luangkan waktu beberapa menit sebelum dan sesudah berolahraga untuk melakukan pemanasan dan pendinginan. Kedua hal tersebut sangat penting untuk membuat otot-otot rileks dan meminimalkan risiko cedera.

Membersihkan Tubuh Usai Berolahraga

Selesai berolahraga larut malam bukan alasan untuk enggan membersihkan tubuh. Tunggulah selama 30 menit pasca olahraga setelah pulang kantor sebelum mandi.

Bila kamu tak mandi usai olahraga, kemungkinan besar Anda akan mengalami gangguan kesehatan kulit. Setelah mandi, kamu akan merasa rileks dan lebih mudah beristirahat.

Mengonsumsi Makanan dengan Asupan Gizi Seimbang

Selain rutin berolahraga, kamu juga harus menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang kandungan gizinya seimbang. Batasi asupan kalori yang masuk ke tubuh setiap hari. Jangan lupa mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral bagi tubuh. Asupan gizi yang seimbang akan membuat berat badan stabil dan kamu pun selalu punya stamina prima saat beraktivitas.

Olahraga sepulang kantor bisa menjadi cara terbaik untuk melepas penat. Jadi, lakukan secara teratur tanpa perasaan terpaksa agar tubuh bugar dan terhindar dari bad mood.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here