Yuk, Kenali Ciri Khas Konten Endorse Sebelum Membeli Produk!

Proses mengiklankan produk kini tak hanya dilakukan melalui televisi atau media cetak. Justru semakin banyak bisnis yang memanfaatkan media online untuk beriklan. Karena efektivitasnya dinilai lebih baik daripada media elektronik atau media cetak.

Bisnis-bisnis tersebut kerap mengiklankan produk dengan sistem endorse melalui selebriti, selebgram, atau youtuber. Ciri khas konten endorse yang samar-samar dengan konten biasa adalah kunci keberhasilan iklan di media online.

Kendati demikian, biasanya ciri khas konten endorse tetap menampilkan kesan berbeda yang bisa diidentifikasi oleh netizen.

Jika Anda tak ingin terjebak membeli produk hanya karena pengaruh endorse semata, sebaiknya Anda mencermati beberapa ciri berikut ini,

Konten Didokumentasikan secara Profesional

Salah satu ciri khas konten endorse yang paling mudah dikenali adalah proses dokumentasi yang profesional. Foto atau video konten endorse pasti dibuat secara teliti agar tampak makin menarik. Para selebriti, selebgram, atau youtubers akan berusaha mengedukasi para pemirsanya secara detail. Supaya tingkat ketertarikan terhadap produk yang diperkenalkan menjadi semakin tinggi.

Caption Panjang dan Tertata Rapi

Caption endorsement pada media sosial juga ditata sedemikian rupa untuk memberikan informasi lengkap kepada netizen. Informasi yang diberikan biasanya mencakup karakteristik produk, komposisi, kelebihan, dan tempat pemasaran produk. Kini, brand bisnis juga sering menggunakan hashtag khusus untuk mempermudah pencarian. Semakin banyak engagement yang berasal dari hashtag tersebut, maka semakin besar pula antusiasme yang ditunjukkan netizen.

Tidak Menampilkan Kekurangan Produk

Kalau Anda menemukan ulasan produk yang tidak menampilkan kekurangan produk tersebut, kemungkinan besar ulasan tersebut adalah konten endorse. Ciri khas konten endorse tentu tak akan memperlihatkan kekurangan produk. Karena tujuan utamanya adalah menarik perhatian calon pelanggan.

Oleh sebab itu, hanya keunggulan produk saja yang akan diberitahukan kepada netizen. Bila Anda tertarik membeli produk tersebut, sebaiknya Anda mencari informasi lebih detail tentang kekurangannya.

Bisa Dilakukan oleh Micro Influencer

Mungkin Anda beranggapan bahwa endorse hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki banyak followers. Faktanya, ciri khas konten endorse sekarang mulai bergeser pada micro influencer. Orang-orang yang jumlah followers-nya minimal 2 ribu kerap dilirik untuk mempromosikan suatu produk.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Kecil Ini saat Bekerja Sama dengan Influencer

Alasannya, tentu saja karena micro influencer lebih mudah dipercaya dan mudah menjalin komunikasi intens dengasn followers-nya. Hal ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan selebriti, selebgram, atau youtubers terkenal yang jarang berinteraksi dengan followers-nya.

Membeli produk karena tertarik pada promosi endorse bukanlah hal buruk. Namun, Anda harus cermat memilih dan memastikan bahwa produk tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here