Mengintip Tren Liburan Setelah Pandemi. Sudah Siap Bersenang-senang?

Pandemi COVID-19 membawa dampak buruk bagi sektor pariwisata di seluruh dunia. Wabah penyakit menular tersebut tentu membuat semua orang tak bisa bepergian ke luar kota maupun luar negeri untuk sekadar liburan. Bahkan, tren liburan setelah pandemi juga diprediksi mengalami perubahan besar.

Setelah pandemi usai, masyarakat akan berlomba-lomba pergi liburan sebagai bentuk pelampiasan (populer dengan istilah revenge tourism). Kira-kira perubahan apa saja yang akan mempengaruhi tren liburan setelah pandemi?

Memprioritaskan Tempat yang Dekat

Tren liburan setelah pandemi mengacu pada lokasi-lokasi yang menarik dan tak jauh dari tempat tinggal. Mayoritas orang menganggap bahwa liburan ke tempat yang dekat membuat kesehatan mereka lebih terjaga karena tidak perlu banyak beradaptasi dengan cuaca atau makanan yang disantap.

Aktivitas outdoor seperti hiking di perkebunan teh atau mengunjungi danau dan curug akan menjadi alternatif traveling yang menyenangkan.

Baca Juga: Workcation: Menikmati Liburan Sembari Bekerja? Bisa Banget!

Banyak Orang Memilih Aktivitas Outdoor

Mikroorganisme penyebar penyakit lebih rentan menular melalui kontak di ruangan tertutup. Tren liburan setelah pandemi membuat masyarakat lebih menyadari pentingnya kesehatan sehingga aktivitas outdoor lebih diminati.

Menikmati suasana alam yang sepi dan jauh dari kerumunan adalah solusi terbaik bagi kamu yang ingin traveling tanpa mengabaikan kesehatan pribadi. Beraktivitas di alam bebas juga akan membuatmu merasa lebih tertantang sekaligus efektif melatih kebugaran fisik.

Staycation Masih Menjadi Primadona

Aktivitas liburan bersama keluarga atau sahabat secara privat juga masih sangat diminati pasca pandemi. Tren liburan setelah pandemi membuat banyak orang tertarik mencoba konsep staycation ke tempat-tempat terdekat.

Bersantai di hotel atau vila selama beberapa hari sudah lebih dari cukup untuk memulihkan semangat sebelum kembali menjalani rutinitas harian.

Wisata Domestik Pun Semakin Menarik

3 wisata domestik traveling indonesia labuan bajo

Sektor wisata domestik akan turut mendulang keuntungan setelah pandemi berlalu. Tren liburan setelah pandemi membuat mayoritas orang ingin menjajal wisata domestik karena aturan yang tidak terlalu ketat dan mudah dipahami.

Maklum saja, berlibur ke luar negeri setelah pandemi memang masih terasa riskan sebab setiap negara memiliki peraturan yang berbeda. Selain itu, destinasi wisata domestik juga tak kalah menarik dan beragam untuk dikunjungi.

Apakah kamu termasuk orang yang akan segera mengikuti tren liburan setelah pandemi usai?

Yuk, siapkan bujet yang memadai dan pastikan kalau situasi serta kondisi fisikmu memang mendukung aktivitas travelling yang kamu rencanakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here