Hikmah dari Pandemi untuk Kariermu, Ingat untuk Bersyukur Ya!

Selama pandemi berjalan empat bulan ini, banyak orang mulai merasakan hikmah dari pandemi. Wabah COVID-19 ternyata tidak hanya membawa dampak buruk, tetapi juga banyak nilai positif yang bisa diambil. Seiring berjalannya waktu, kita pun mulai terbiasa untuk hidup berdampingan dengan kondisi ini.

Tahukah kamu, hikmah dari pandemi juga meliputi karier yang sedang kamu jalani loh. Sekilas memang bekerja terkesan lebih merepotkan, tetapi coba deh lihat dari sisi lain. Berikut beberapa hal positif yang bisa kamu renungkan dari pandemi COVID-19:

Mensyukuri Pekerjaan Sekarang

Andai kamu masih bisa bekerja seperti biasa, maka syukurilah kondisi tersebut. Kamu tentu tahu bahwa di luar sana banyak sekali karyawan yang terpaksa kehilangan pekerjaan. Hikmah dari pandemi ini membuatmu tidak banyak mengeluh akan pekerjaan.

Syukurilah apa yang kamu kerjakan sekarang meski harus mengalami pemotongan gaji sekali pun. Ingat, setidaknya kamu masih bisa bekerja untuk menghidupi dirimu atau keluarga. Pandemi telah mengubahmu menjadi sosok yang lebih kuat dalam berkarier.

Ingat Bahwa Pekerjaan Bisa Mendadak Hilang

Tidak ada yang menjamin pekerjaanmu aman hingga bulan-bulan berikutnya. Banyak perusahaan juga tengah ketar-ketir bertahan di tengah situasi serba menjepit. Inilah salah satu hikmah dari pandemi, yaitu kamu kembali berserah pada Tuhan.

Baca Juga: Cemas Kehilangan Pekerjaan Selama Pandemi? Lakukan ini agar Aman

Lakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya dan sepenuh hati. Selama kamu bekerja dengan baik, Tuhan pasti membukakan jalan untukmu. Jangan lupa untuk berserah pada Tuhan agar kelak kamu tidak mendadak stres andai sewaktu-waktu pekerjaanmu hilang.

Lebih Bijak Mengelola Gaji

Sadar atau tidak, keberadaan pandemi sudah sangat berpengaruh besar pada keuangan banyak orang. Jika dulu kamu tidak begitu teliti soal keuangan pribadi, maka kini pasti berubah. Kamu menjadi lebih bijak dalam mengatur dan mengelola gaji agar tidak lekas habis.

Bukan hanya itu, kamu jadi sadar juga kalau selama ini banyak pos pengeluaran yang terkesan boros dan bisa ditekan. Lama-kelamaan, kamu paham deh perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Bahkan, kamu mulai lebih peka untuk menyiapkan dana darurat dan dana pensiun di masa depan dengan lebih terencana.

Mencari Tambahan Penghasilan Selagi Mampu

Hikmah dari pandemi lainnya adalah membuatmu berpikir lebih kreatif. Di saat gaji bulanan mulai terasa mepet untuk memenuhi kebutuhan hidup, kamu pun cari cara mendapat penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan punya pekerjaan sampingan.

Apa pun mulai kamu kerjakan, entah bekerja lepas hingga berbisnis online. Selama pekerjaan tersebut masih halal dan sanggup kamu lakoni, tidak ada salahnya kan punya pekerjaan sampingan. Hitung-hitung hasilnya sangat lumayan untuk menambah tabunganmu di masa depan.

Apakah ada hikmah dari pandemi lainnya yang kamu rasakan? Tetap semangat bekerja dan percaya kalau usahamu untuk bertahan di kondisi sulit ini tidak akan sia-sia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here