Kesalahan Keuangan yang Sering Dilakukan Milenial, Apa Saja Ya?

Kesalahan keuangan sering dilakukan generasi milenial semenjak awal bekerja. Sayangnya tidak banyak milenial yang menyadari bahwa kondisi keuangannya sedang tidak baik-baik saja. Kebiasaan-kebiasaan ini nih yang menjadi penyebab kesalahan keuangan para milenial.

Penggunaan Kartu Kredit yang Tak Bijak Itu Merupakan Kesalahan Keuangan

Tentu tidak ada yang salah dengan memiliki kartu kredit. Namun, jangan sampai kartu kredit justru lebih sering dipakai untuk berutang barang-barang yang tidak penting berulang kali. Jika tidak memakainya dengan bijak, milenial menjadi terjebak dalam jerat dan kebiasaan berutang loh.

Kesalahan Keuangan Paling Umum Biasanya adalah Hobi Jajan Tanpa Disadari

Hayo, ngaku nih siapa yang tanpa sadar sering menghabiskan uang untuk memenuhi hobi jajan? Kebanyakan milenial gemar sekali membelanjakan uangnya untuk jajan minum kopi atau nongkrong cantik. Cek kembali deh, berapa total biaya yang ternyata milenial habiskan demi memuaskan hasrat jajan tiap hari?

Gaya Hidup Tidak Menyesuaikan Pendapatan

Kesalahan keuangan paling mendasar yang sering dialami milenial adalah perihal memenuhi gaya hidup. Entah kenapa, tidak sedikit juga milenial yang lebih memilih berutang demi bisa traveling tanpa melihat pendapatan yang dimiliki. Kalau terus-menerus ingin memuaskan gaya hidup, bisa dibayangkan kan keringnya rekening tabungan para milenial?

Baca Juga: Mengatur Keuangan Saat Krisis Perlu Dilakukan, Terapkan Langkah Ini!

Kesalahan Keuangan Berikutnya adalah Menunda Investasi untuk Dana Pensiun

Saat hendak memulai menyiapkan dana pensiun, sebagian milenial sering berpikir “Ah, nanti saja deh, masih lama kok pensiunnya”. Pemikiran ini jelas tidak tepat ya mengingat dana pensiun sebaiknya disiapkan sedari dini. Padahal, sudah cukup banyak instrumen investasi yang bisa dimanfaatkan untuk persiapan dana pensiun.

Hanya Punya Satu Rekening Juga Merupakan Kesalahan Keuangan Loh

Kebanyakan milenial mengaku tidak mau repot dengan memiliki banyak rekening tabungan. Padahal, memiliki lebih dari satu rekening merupakan sebuah cara mudah untuk mengelola uang. Bayangkan saja betapa berantakannya pos keuangan para milenial jika hanya mengandalkan satu rekening.

Tidak Memiliki Asuransi Kesehatan

Jangan lupakan pentingnya asuransi kesehatan di hidup kita. Banyak milenial yang terlalu sibuk hidup di masa kini hingga lupa menyiapkan asuransi untuk kesehatan. Tidak ada yang tahu manusia bisa terkena musibah apa dan itu sebabnya perlu sekali menyiapkan dana tersendiri untuk menjamin kesehatan.

Apakah kamu juga pernah melakukan salah satu kesalahan keuangan di atas? Yuk, pelan-pelan perbaiki sikap kita dalam mengelola keuangan agar lebih sehat untuk masa depan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here