5 Manfaat Donor Darah yang Bikin Kamu Tak Lagi Melewatkannya

Kesadaran untuk mendonorkan darah semakin tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. Sehingga acara donor darah bisa menjadi salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan. Tak hanya bermanfaat bagi perusahaan dan penerima darah, manfaat donor darah juga bisa diperoleh para pendonor.

Kalau selama ini kamu belum mengetahui manfaat donor darah, ulasan berikut ini pasti membuat kamu yakin untuk mendonorkan darah secara teratur:

Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

Setelah kamu mendonorkan darah, jumlah sel darah merah dalam tubuh pasti berkurang. Hal tersebut akan menstimulasi sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel-sel darah merah baru.

Metabolisme tubuh akan berlangsung lancar bila tubuh memiliki sel-sel darah merah baru yang jumlahnya optimal.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Banyak penyakit kronis terjadi akibat gangguan sirkulasi darah, misalnya stroke, penyakit jantung, dan penyakit syaraf lainnya. Jika kamu mendonorkan darah secara teratur, sirkulasi darah akan senantiasa lancar.

Sehingga tubuh tak hanya terbebas dari risiko penyakit kronis, tetapi juga akan lebih bugar dan bertenaga.

Baca Juga: Waspadai 5 Tanda Gula Darah Kamu Tinggi Meski Bukan Diabetes

Meminimalkan Risiko Penyakit Jantung

Tak banyak orang yang tahu bahwa manfaat donor darah juga baik untuk meminimalkan risiko penyakit jantung. Kadar zat besi yang terlalu tinggi dalam darah dapat memicu penyumbatan jantung. Jika kamu mendonorkan darah secara teratur, kadar zat besi dalam darah pasti berangsur-angsur normal.

Risiko penyakit jantung dan penyakit komplikasi lainnya seperti stroke dan pengerasan pembuluh darah dapat diminimalkan.

Sekaligus Memeriksakan Kesehatan secara Teratur

Sebelum kamu bisa mendonorkan darah, kondisi kesehatanmu akan diperiksa terlebih dahulu. Tekanan darah, Hb, dan berat badan harus berada dalam batas normal sebagai persyaratan utama donor darah.

Pemeriksaan kesehatan ini akan membantu kamu menjaga stamina secara teratur. Jika kamu sedang tidak bisa mendonorkan darah, berarti kesehatanmu sedang terganggu dan membutuhkan tahapan pemulihan yang lebih serius.

Memaksimalkan Proses Pembakaran Kalori

Manfaat donor darah juga baik untuk mendukung program penurunan berat badan. Karena donor darah sebanyak 450 ml dapat membantu membakar 650 kalori dalam tubuh. Bila kamu mulai kelebihan berat badan tetapi memenuhi syarat mendonorkan darah, berarti kamu dapat melakukannya secara teratur. Rutinitas donor darah merupakan bagian dari pola hidup sehat yang bisa membantumu mendapatkan berat badan ideal.

Setelah mengetahui lima manfaat donor darah tersebut, pasti kamu tak ragu melakukannya. Donor darah tidak membuat kamu sakit atau merasa tak nyaman. Justru manfaatnya sangat baik bagi diri sendiri maupun penerima darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here