Pertanyaan Wawancara Kerja Startup yang Penting untuk Persiapanmu

Bekerja di startup menjadi keinginan banyak generasi muda di zaman modern ini. Tak hanya menjanjikan gaji besar, startup juga merupakan lingkungan kerja yang tepat untuk mencari pengalaman sebanyak mungkin. Bila kamu berencana atau sudah melamar kerja di startup, sebaiknya kamu mengetahui daftar pertanyaan wawancara kerja startup sebagai bentuk persiapan.

Beberapa pertanyaan wawancara kerja startup yang kerap diajukan tim rekruter, yaitu,

“Apakah Anda kandidat karyawan yang pintar atau seorang pekerja keras?”

Sebenarnya pertanyaan wawancara kerja startup yang ini juga sering ditanyakan saat melamar ke perusahaan besar. Tak jarang kandidat karyawan bingung menjawabnya.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Startups.com, tim pewawancara ingin tahu apakah kamu seorang pekerja keras atau orang yang hanya mengandalkan bakat saat menanyakan hal ini.

Seorang pekerja keras selalu tertarik mempelajari hal-hal baru, sedangkan orang yang pintar biasanya hanya mengandalkan bakat. Jadi, kamu tahu kan harus menjawab apa?

Baca Juga: Wawancara Kerja Perusahaan Jepang Tidak Sulit Bila Sudah Tahu Triknya

“Mana yang lebih Anda sukai, bekerja dengan tim atau bekerja sendiri?”

Pertanyaan wawancara kerja startup yang satu ini juga kerap jadi jebakan. Kalau kamu menjawab bahwa kamu suka bekerja dengan tim, kamu akan dianggap kurang motivasi untuk bekerja mandiri.

Sebaliknya, menjawab bahwa kamu suka bekerja sendiri juga membuatmu dianggap berkarakter individualistis dan tidak mampu bekerja bersama orang lain. Sebaiknya kamu menjawab bahwa kamu bisa bekerja sendiri maupun bersama tim sesuai situasi dan kebutuhan startup.

“Apa pencapaian terbesar Anda dalam hidup?”

Semua orang punya pencapaian hidup masing-masing. Jadi, kamu tak perlu minder saat menghadapi pertanyaan wawancara kerja startup yang satu ini. Kamu bisa menyebutkan pengalaman di tempat kerja sebelumnya, terutama kalau pengalaman tersebut satu bidang dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Misalnya, kamu menyebutkan pengalaman saat selalu mencapai target penjualan bila kamu melamar posisi sales marketing. Bila kamu fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, kamu dapat menceritakan pengalaman organisasi, magang, atau part time saat kuliah. Ceritakan pengalamanmu secara runut dengan bahasa yang mudah dimengerti, ya.

“Anda memilih bisa melakukan banyak hal atau fokus menjadi ahli di satu bidang saja?”

Startup merupakan perusahaan yang sedang mengalami perkembangan pesat dan terus berubah seiring berjalannya waktu. Itulah sebabnya, kamu diharapkan mampu melakukan banyak hal dan mempelajari berbagai hal baru bila menjadi bagian dari startup tersebut.

Kalau kamu ingin menjawab kamu memilih fokus jadi ahli di satu bidang, jangan lupa menyertakan jawaban bahwa kamu juga selalu terbuka mempelajari hal-hal baru agar menjadi SDM yang berkembang.

“Apakah Anda termasuk orang yang cepat beradaptasi?”

Perkembangan zaman dan persaingan bisnis yang ketat membuat startup harus bergerak cepat. Karyawan yang bekerja di startup pun dituntut untuk cepat beradaptasi tanpa mengalami gangguan produktivitas kerja.

Ketika menjawab pertanyaan wawancara kerja startup ini, kamu juga bisa mengatakan bahwa kamu terbiasa mencari problem solving dan terpacu untuk selalu kreatif dalam menghadapi berbagai tantangan.

Mudah-mudahan kamu bisa menjawab semua pertanyaan wawancara kerja startup secara lancar agar lekas diterima kerja, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here