Ini Yang Harus Dilakukan Agar Baterai Smartphone Awet

Ini Yang Harus Dilakukan Agar Baterai Ponsel Awet
Sumber: networkworld

Anda merasa bosan harus selalu melakukan pengisian terhadap baterai smartphone Anda? Jawabannya ada pada cara menggunakan smartphone itu sendiri. Terkadang tidak semua orang menyadari bahwa cara penggunaan smartphone yang dimilikinya merupakan penyebab dari energi baterai Anda cepat terkuras.

Setiap baterai memiliki batasan waktu dalam melakukan pengisian dan akan semakin berkurang kemampuannya menampung daya listrik jika semakin sering dilakukan pengisian. Oleh karenanya, dengan menerapkan beberapa cara berikut Anda dapat membuat baterai smartphone menjadi lebih awet.

Baterai Smartphone Awet dan Tahan Lama

Kurangi kecerahan layar pada smartphone atau dibuat otomatis

Setiap pengguna smartphone sangat senang dengan tampilan layarnya yang cerah dan penuh warna, namun pengguna harus menerima resiko daya baterainya pun akan terkuras habis lebih cepat. Agar daya baterai lebih awet dan tahan lama kurangi kecerahan layar smartphone pada setelan terendah atau dibuat setelannya otomatis. Dengan cara tersebut layar akan meredup jika cahaya disekitarnya cukup terang.

Membuat jeda waktu layar smartphone mati lebih cepat

Waktu layar smartphone akan mati otomatis setelah beberapa waktu tidak digunakan. Jika diatur waktu jedanya lebih pendek dan segera mati layarnya, maka akan membuat daya tahan baterai smartphone lebih awet.

Ini dikarenakan faktor utama penyebab daya baterai smartphone cepat habis karena layarnya yang selalu menyala. Secara umum jeda waktu mati layar di smartphone terpendek adalah lima belas detik.

Selalu matikan fitur bluetooth

Banyaknya aksesoris smartphone mulai dari handset hingga speaker yang dapat dikoneksikan dengan Bluetooth dapat mempermudah penggunanya melakukan aktifitas. Sayangnya, hal tersebut berdampak pada daya tahan baterai yang dengan mudah akan menghabiskan daya baterai.

Ingatlah untuk selalu mematikan fitur bluetooth jika tidak digunakan, hal sepele tersebut akan membuat daya tahan baterai lebih lama.

Pastikan fitur wifi dalam keadaan mati

Sebagian besar masyarakat kerap menggunakan wifi ketika berada pada hotspot yang menyediakan jaringan internet.

Namun sebagian besar memanfaatkannya tanpa mematikan sinyal handphone. Akibatnya baterai pun memberikan daya kepada masing-masing fitur. Terkadang ketika sudah tidak berada pada jangkauan hotspot, fitur wifi masih berada dalam kondisi menyala. Pastikan wifi dalam keadaan mati khususnya jika tidak digunakan.

Jangan menggunakan aplikasi yang menggunakan fitur GPS

Aplikasi yang menggunakan fitur GPS akan membuat daya tahan baterai pun cepat terkuras habis. Selalu matikan fitur GPS dan tidak usah menggunakan aplikasi yang membutuhkan fitur GPS menyala.

Jangan meninggalkan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Sebagian besar aplikasi yang berjalan di latar belakang membuat daya tahan baterai pun juga mudah tidak akan tahan lama. Matikan aplikasi tersebut jika sudah tidak memegang smartphone.

Jangan gunakan mode getar

Mode getar pada smartphone memang mempermudah pengguna langsung mengetahui ada telpon atau sms masuk ketika handphone sedang disimpan di saku celana. Namun sayangnya daya tahan baterai cepat berkurang. Jika memang harus digunakan pastikan hanya dalam kondisi diperjalanan saja.

Menonaktifkan pemberitahuan yang tidak terlalu penting

Setiap aplikasi umumnya memiliki pemberitahuan mulai dari pembaharuan aplikasi, hingga pemberitahuan perkembangan aplikasi yang sedang berjalan. Biasanya pemberitahuan ini ditandai dengan adanya tanda lampu LED yang berkedip.

Secara tidak langsung. lampu yang berkedip membuat daya tahan baterai dengan cepat berkurang. Oleh karenanya, jangan lupa untuk menonaktifkan fitur pemberitahuan smartphone, sehingga baterai lebih tahan lama.

Pemberitahuan email masuk

Umumnya setiap smartphone dapat memberikan pemberitahuan terhadap email masuk setiap saat. Namun jika memang tidak sering mengakses email dan langsung membacanya agar daya tahan baterai lebih lama atur pemberitahuan email masuk dari setiap saat menjadi per tiga jam sekali atau per enam jam sekali.

Gunakan mode hemat daya

Setiap smartphone yang diproduksi saat ini sebagian besar dilengkapi dengan mode hemat daya, bergantung dari jenis smartphone yang dimiliki. Dengan menggunakan mode tersebut sistem smartphone akan mengatur daya tahan baterai lewat pengaturan standar pabrik.

Dari keselurahan cara tersebut jika diterapkan pada smartphone Anda akan membuat daya tahan baterai jauh lebih lama. Selain itu, alangkah baiknya jika semua fitur yang tidak terlalu penting dinonaktifkan.

Beri Komentar Anda

komentar