Inilah Alasan Pulang Tepat Waktu Setelah Bekerja Itu Penting

Pulang Tepat Waktu
Sumber : yorkshiretimes

Bekerja sebagai karyawaan suatu perusahaan memang memiliki jam kerja yang sudah ditentukan, rata-rata 8 jam per hari. Pulang tepat waktu seringkali dikaitkan dengan kesan sebagai karyawan yang kurang berdedikasi pada perusahaan. Padahal pulang tepat waktu adalah hak setiap karyawan jika karyawan tersebut tidak diharuskan melakukan lembur. Jika tidak ada pekerjaan yang mendesak dan bisa dilanjutkan keesokan harinya, cobalah untuk selalu pulang tepat pada waktunya. Berikut adalah alasan mengapa pulang tepat waktu setelah bekerja itu penting.

Alasan Penting Pulang Tepat Waktu Sehabis Bekerja

Melakukan Kegiatan Lain

Selain bekerja, tentunya seseorang memiliki urusan lain yang perlu diselesaikan pada setiap harinya. Jika tidak ada waktu setelah pulang kerja, kapan lagi urusan tersebut dikerjakan? Terlalu sering lembur membuat Anda kehilangan banyak waktu untuk melakukan hal lain yang juga penting. Misalnya mengurus keluarga, apalagi jika Anda sudah memiliki anak. Bahkan Anda tidak punya waku untuk sekedar memanjakan diri atau melakukan hobi Anda.

Memiliki Kehidupan Pribadi

Mungkin saja Anda termasuk salah satu karyawan yang berambisi untuk menjadi best employee setiap bulannya. Namun jangan lupa, Anda memiliki kehidupan pribadi lainnya seperti kehidupan dirumah juga kehidupan sosial di luar sana. Jika Anda terlalu sibuk bekerja dan pulang larut malam, tentunya Anda tak memiliki waktu untuk memiliki kehidupan pribadi.

Dedikasi Berlebihan Menciptakan Sosok yang Terlalu Ambisius

Bekerja selama 8 jam di kantor adalah kewajiban Anda sebagai karyawan perusahaan. Sedangkan pulang tepat waktu juga adalah hak Anda sebagai karyawan. Cobalah untuk menyeimbangkan antara hak dan kewajiban Anda sebagai karyawan perusahaan. Ketika porsi kerja dan dedikasi Anda berlebihan pada perusahaan, itu hanya membuat Anda menjadi sosok yang terlalu ambisius dan gila kerja.  Pada akhirnya banyak hal lain yang terbengkalai dan Anda lupakan.

Peduli pada Kesehatan

Bekerja terlalu keras dan pulang saat hari sudah larut, tentunya mengganggu kesehatan fisik juga mental Anda. Tubuh Anda dipaksa untuk teruss bekrja padahal waktu sudah menunjukkan waktu untuk beristirahat. Belum lagi beban pikiran yang membuat kesehatan mental Anda terganggu. Misalnya menjadi stres karena memikirkan pekerjaan yang belum juga terselesaikan.

Menghindari Penyesalan di Kemudian Hari

Di saat Anda memiliki keluarga untuk diurus namun tetap bersikeras menghabiskan banyak waktu bersama tugas kantor dibandingkan keluarga. Hal tersebut akan menimbulkan perasaan menyesal di kemudian hari. Saat melihat orang tua Anda semakin tua, Anda merasa jika selama ini tak pernah ada waktu untuk mengajak mereka berlibur. Atau mungkin saat melihat anak beranjak remaja, Anda merasa sudah banyak terlewatkan untuk melihat perkembangan mereka. Karir dan materi bisa dicari dengan berbagai cara, namun waktu tak pernah bisa diulang. Jadi bijaksanalah dalam memanfaatkan waktu Anda agar seimbang antara karir dan kehidupan lainnya.