Inilah Contoh Pertanyaaan Wawancara CPNS dan Cara Menjawabnya

Wawancara Kerja CPNS
Sumber: Rmolsumsel

Masa depan yang terjamin menjadi salah satu daya tarik pelamar kerja berbondong-bondong mengikuti tahapan seleksi CPNS. Namun, besarnya minat tersebut membuat tahapan seleksi dan wawancara CPNS semakin ketat.

Bisa bekerja di instansi pemerintah tentunya menjadi kebanggaan tersendiri. Selain itu, tingkat kesejahteraan di masa tua juga cukup menjanjikan karena adanya dana pensiun. Karena itu, tidak sembarang individu bisa menjadi PNS. Bagi Anda yang berminat untuk berpartisipasi dalam tes CPNS, ada baiknya mempelajari contoh-contoh pertanyaan wawancara CPNS yang kerap muncul berikut ini.

Contoh Pertanyaan Wawancara CPNS yang Wajib Dipelajari

Salah satu tahapan terpenting dalam proses seleksi CPNS adalah wawancara kerja. Pastikan Anda telah mengantisipasinya terlebih dahulu. Berikut ini adalah contoh-contoh pertanyaan wawancara kerja CPNS yang kerap muncul:

1. Bisakah Anda mendeskripsikan perusahaan pemerintah (Cth: BNN) beserta profil dan sejarah singkatnya?

Instansi pemerintah umumnya memiliki website tersendiri. Untuk itu, pastikan Anda telah mengunjungi website resminya terlebih dahulu dan mengorek informasi sebanyak-banyaknya. Baca juga bagian visi dan misi perusahaan/instansi tersebut sehingga jika ditanyakan Anda bisa menjawabnya dengan penuh keyakinan.

2. Apa yang menjadi motivasi Anda untuk bergabung dengan perusahaan ini?

Pewawancara ingin mencari tahu apa yang mendorong Anda untuk melamar kerja di tempat ini. Selain itu, pewawancara juga ingin melihat sampai sejauh mana tingkat keseriusan Anda.

3. Ceritakan secara singkat tentang latar belakang pendidikan, pengalaman berorganisasi dan pengalaman bekerja Anda!

Pada pertanyaan ini pewawancara ingin mencari tahu apakah Anda seorang pribadi yang aktif di masyarakat atau tidak. Sebutkanlah semua kegiatan berorganisasi yang pernah Anda ikuti agar memberi kesan yang positif di mata pewawancara.

4. Apakah Anda memahami kode etik profesi Anda?

Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mencari tahu apakah Anda benar-benar memahami tanggung jawab Anda. Kode etik yang dimaksudkan di sini bergantung pada jenis profesi yang Anda geluti. Misalnya kode etik dokter, perawat dan sebagainya.

5. Apa yang menjadi kelebihan Anda? Bisakah Anda menyebutkan kekurangan Anda? Bagaimana cara Anda meminimalisir kekurangan tersebut?

Jawablah pertanyaan ini dengan sejujur-jujurnya tanpa diberi “bumbu”. Lalu jelaskan juga bahwa kelebihan Anda mampu meminimalisir kekurangan yang Anda miliki.

6. Kontribusi apa yang akan Anda berikan untuk perusahaan ini?

Dalam menjawab pertanyaan ini, kaitkanlah jawabannya dengan profesi yang Anda geluti. Berikan jawaban logis yang tidak terlalu berlebihan sehingga pewawancara pun akan yakin dan percaya bahwa Anda adalah seorang individu yang memiliki visi yang jelas.

7. Mengapa Anda ingin menjadi PNS meskipun gajinya lebih rendah dibandingkan pegawai swasta?

Berikanlah jawaban yang memberikan kesan positif di mata pewawancara. Misalnya katakan bahwa Anda ingin ikut berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negara.

8. Apakah Anda siap ditempatkan di daerah lain?

Sebaiknya Anda menjawab “Ya” agar pewawancara benar-benar melihat keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan ini.

Itulah sejumlah pertanyaan wawancara kerja CPNS dan cara menjawabnya yang kerap muncul. Pastikan Anda telah mempersiapkan diri Anda dengan baik dan semoga berhasil.

Beri Komentar Anda

komentar