Insecure di Kantor: Kenali Tanda-Tandanya agar Bisa Mengatasinya

Perasaan insecure di kantor bisa menyebabkan pekerjaan tidak bisa diselesaikan dengan baik. Insecure juga bisa merusak interaksi dan hubungan dengan rekan kerja. Namun, tidak semua karyawan mengetahui kalau dirinya insecure.

Beberapa hal bisa menyebabkan seseorang menjadi insecure di kantor. Baik itu penyebab dari dalam diri maupun dari luar. Semisal, merasa pekerjaan tidak dihargai, tidak percaya diri, atau tidak memiliki soft skill yang cukup. Kalau kamu memiliki tanda-tanda ini, mungkin kamu sudah merasa insecure di kantor.

Kamu Ingin Terlihat Benar di Kantor? Itu Tandanya Kamu Insecure

Tanda pertama kalau kamu merasa insecure, yaitu kamu merasa selalu benar. Kalau ada sesuatu yang salah, kamu merasa kesalahan itu sebenarnya bisa dihindari, seandainya pekerjaan itu dilakukan dengan caramu.

Hal di atas bisa terjadi karena kamu ingin selalu terlihat benar. Dengan begitu, kamu bisa merasa menjadi yang paling hebat. Selain itu, tidak ingin orang lain menilaimu sebagai orang tidak kompeten.

Tanpa kamu sadari, hal ini membuatmu selalu ingin membuktikan bahwa kamu benar. Akibatnya, kamu tidak berfokus menyelesaikan pekerjaan atau mencapai tujuan.

Ingin Mendominasi Pekerjaan dan Percakapan

Tanda lain kalau kamu insecure di kantor, yaitu kamu selalu ingin mendominasi. Baik itu saat menyelesaikan pekerjaan atau melakukan percakapan. Kamu ingin mengontrol segalanya. Kamu bahkan mengerjakan semuanya.

Padahal, yang seharusnya kamu lakukan, yaitu cobalah untuk terbuka pada feedback yang diberikan oleh rekan kerja. Atau cobalah untuk mengakui kalau kamu berbuat kesalahan.

Baca Juga: Micromanaging: 5 Tips Menghadapi Atasan yang Gemar Mengontrol Bawahan

Kamu Insecure di Kantor kalau Berpura-pura Bahagia

Berbahagia saat bekerja itu penting. Tapi, kalau kamu selalu terlihat bahagia setiap saat, hal itu justru harus harus dipertanyakan. Salah satu tanda insecure yaitu berpura-pura bahagia.

Padahal, sebagai manusia, seorang karyawan pasti merasakan stres, bosan, marah dan sedih. Oleh karena itu, cobalah untuk jujur dan terbuka, serta hindari berpura-pura bahagia.

Termotivasi oleh Faktor External

Motivasi eksternal adalah motivasi yang didapatkan karena dorongan dari luar. Semisal, uang, posisi/jabatan, penghargaan dan status sosial. Kalau kamu seringkali termotivasi karena hal-hal seperti itu saat melakukan pekerjaan, itu tandanya kamu insecure di kantor.

Hal ini bisa terjadi karena kamu tidak memiliki kepercayaan diri. Oleh karena itu, ada baiknya kamu meningkatkan rasa percaya dirimu, dan mulai menggunakan motivasi dari dalam diri saat menyelesaikan pekerjaan.

Dengan mengetahui tanda-tanda insecurity di kantor, kamu bisa mencari penyebabnya dan mengatasinya. Sehingga, hubunganmu dengan rekan kerja akan terjalin harmonis. Selain itu, produktivitas kerjamu tidak terganggu.

1 COMMENT

  1. Terima kasih line job motivasinya sehingga saya mendapatkan ilmu baru atau ungkapan saya betul sekali apa apa yang termuat di artikel ini.bahwa saya akui banyak kekurangannya dan saya harus siap belajar,pelajari,dan jalani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here