Nggak Usah Pindah Kerja, Yuk, Ikutan Internal Talent Mobility

Kamu ingin pindah kerja untuk mengembangkan karier? Atau untuk mencari pengalaman baru? Mungkin rencana itu harus kamu pertimbangkan lagi. Perusahaanmu mungkin saja punya program internal talent mobility dan kamu belum mengetahuinya. Internal talent mobility merupakan cara perusahaan membangun karier karyawannya.

Mengapa mengikuti internal talent mobility penting untuk kariermu? Karena kamu bisa mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menimba pengalaman sebanyak-banyaknya.

Jadi, kamu mudah dipromosikan ke posisi/jabatan yang lebih baik, tanpa harus pindah kerja ke perusahaan lain.

Salah satu bentuk program internal talent mobility adalah mentoring atau mentorship. Namun ada juga beberapa bentuk lainnya, yaitu,

Pergantian Posisi atau Jabatan

Kalau ikut dalam program ini kamu punya kesempatan untuk berpindah posisi atau jabatan di perusahaan yang sama. Keuntungannya, kamu tidak perlu lagi beradaptasi dengan nilai-nilai kerja perusahaan yang baru. Tapi, kamu pasti mendapatkan pengalaman baru sambil mempelajari kemampuan yang baru pula.

Baca Juga: Ssst, Ini Rahasia agar Kamu Cepat Dapat Promosi Jabatan

Pertukaran Posisi atau Jabatan Sementara

Program ini hampir sama dengan pemindahan posisi atau jabatan. Hanya saja sifatnya sementara. Tapi, kamu tetap dapat belajar dari rekan kerja yang baru. Baik mengenai tujuan kerja, cara kerja maupun kemampuan khusus yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama pada rekan kerja barumu.

Part-Time Projects

Cara lain untuk membangun karier adalah dengan mengikuti part-time projects, yaitu tugas khusus yang bisa kamu ikuti tanpa meninggalkan pekerjaan utama. Part-time projects bisa melibatkan rekan kerja dari divisi atau departemen lain. Selain menambah pengalaman, program ini juga meningkatkan produktivitasmu.

Cara Membangun Karier dengan Relokasi Kerja

Kalau kamu direlokasi, biasanya kamu dipindahkan ke area lain. Namun, kamu bisa juga dipindahkan di bawah manajemen yang baru. Biasanya, kalau kamu ikut serta dalam program ini secara sukarela, kemampuanmu akan lebih cepat terasah.

Nah, salah satu cara perusahaan membangun karier karyawan seperti diatas bisa kamu ikuti. Selain kamu bisa memperoleh kemampuan baru, kamu juga akan banyak mendapatkan pengalaman baru dalam suasana kerja yang baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here