Investasi Real Estate di Asia Pasifik Tembus Angka US$88 Miliar

Riset yang dilakukan oleh perusahaan Properti global menunjukan nilai Investasi real estate Asia Pasifik mencapai US$ 88 miliar. Riset itu sendiri dilakukan sejak kuartal pertama tahun 2015 hingga saat ini yang sudah ada di kuartal III tahun 2015. Dari data tersebut diketahui perkembangan real estate di Asia Pasifik mengalami perkembangan yang sangat signifikan dibandingkan dengan tahun lalu.

Untuk saat ini sendiri sudah memasuki bulan ke-sebelas tahun 2015. Data yang tercatat oleh Asia Pasific Property Digest Q3 2015 pekembangan yang terjadi pada saat ini adalah 1%. Kenaikan 1 % tersebut didasari pada nilai investasi pada tahun 2014 lalu pada bulan yang sama. Untuk Kuartal ketiga tahun ini saja, nilai investasi real estate mencapai US$ 32 miliar. Angka yang tidak main-main untuk sebuah nilai investasi.

Jane Murray selaku Head of Research JLL Asia Pasific mengungkapkan bahwa transaksi investasi antara investor Asia dan global berjalan sangat baik. Untuk Negara Asia yang banyak diincar oleh investor adalah Tiongkok, Jepang, dan Australia. Ketiga Negara tersebut diincar lantaran memiliki potensi pasar yang besar.

“Jepang masih menjadi pasar terbesar dengan nilai investasi mencapai US$8,9 miliar”, ungkap Murray pada 23 November 2015 lalu.

Murray sendiri mengungkapkan hal tersebut didasari oleh alasan yang cukup jelas. Pasalnya ia merinci pertumbuhan investasi di setiap negara dan melihat perkembanganya secara bertahap. Untuk investasi yang dilakukan oleh Jepang sendiri mengalami pertumbuhan mencapai 11%. Untuk investasi yang dilakukan oleh Australia, pertumbuhannya berada sedikit di atas Jepang yaitu 13%. Untuk pertumbuhan paling besar sendiri dialami oleh Tiongkok, yaitu sebesar 81%. Data ini sendiri diperoleh dari data tahunan yang ada di negara-negara tersebut.

Memang untuk saat ini pertumbuhan dari investasi real estate hanya sebesar 1% saja. Mungkin angka tersebut terbilang cukup kecil, akan tetapi peningkatan tersebut ternyata membawa pengaruh yang cukup besar. Maka dari itu sangat diharapkan pertumbuhan nilai invesatasi estate di Asia Pasifik akan terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang. Semoga saja apa yang diharapkan oleh banyak pihak tersebut dapat segera tercapai dalam waktu dekat ini.