Surganya Makanan, Ini 5 Jajanan Kaki Lima Lezat di Penang

jajanan kaki lima di penang
Sumber : copymethat

Kuala Lumpur masih menjadi destinasi utama para wisatawan bila mengunjungi Malaysia. Namun, bukan berarti wilayah atau kota lain di Malaysia tidak worth it untuk dikunjungi. Bergeser sedikit dari ibu kota negara, Penang menjadi tujuan wisata lain yang harus Anda singgahi, sekaligus menjadi surga makanan murah dan lezat. Alih-alih menikmatinya di restoran mewah dan mengeluarkan dana tak sedikit, cobalah menikmati jajanan kaki lima di seantero Penang yang tentu saja tak kalah nikmat juga ekonomis.

5 Jajanan Kaki Lima di Penang yang Wajib Dicicipi saat Berkunjung

Penang Rojak

Sumber : oneappsgroup

Di Penang, kenikmatan dari suatu jajanan jalanan bisa dilihat dari seberapa panjang dan lama antrian dari kios makanan tersebut. Penang Rojak menjadi salah makanan yang kiosnya selalu dipenuhi pelanggan. Mirip dengan rujak di Indonesia, Penang Rojak terdiri dari ragam buah dan diberi saus kacang. Yang membuat rujak Penang dan Indonesia adalah rujak penang diberi tambahan tauge, sotong, kerupuk, dan dadih kacang. Variasi lain dari Penang rojak adalah Rojak Pasembur, yang mencakup mentimun, kerupuk udang, dan bahkan makanan laut dalam campurannya.

Baca Juga: 5 Jajanan Kaki Lima Terlezat di Asia Tenggara, Sate Juaranya!

Assam Laksa

Sumber : thebetterindia

Assam Laksa adalah salah satu sajian peranakan lezat yang banyak ditemukan di antara jalan-jalan di Penang. Hidangan ini merupakan sajian mie dengan kuah kaldu ikan pedas yang memiliki rasa cukup tajam. Assam Laksa menjadi hidangan favorit penduduk lokal dan terbilang unik untuk hidangan laksa yang bisa ditemukan di seluruh Malaysia. Ketika musim hujan tiba, Assam Laksa menjadi salah satu makanan yang paling banyak dicari wisatawan atau pun penduduk lokal.

Ragam hidangan nasi

Sumber : friedchillies

Setiap budaya memiliki keunikan tersendiri pada makanan pokoknya. Di sebagian besar wilayah Asia, makanan pokok itu adalah nasi, dan Penang memiliki banyak hidangan nasi yang berbeda dan lezat dari beragam kelompok etnisnya. Misalnya, orang Melayu memiliki Nasi Lemak, nasi yang dimasak dengan santan yang rasanya enak dengan sambal cabai. Muslim India memiliki Nasi Kandar, nasi yang dimasak dalam wadah kayu dengan berbagai macam lauk. Hidangan nasi khas Penang yang lain adalah Nasi Tomato, nasi yang dimasak dengan pasta tomat dengan susu dan rempah-rempah. Semua tersedia sebagai makanan jalanan murah, cocok untuk makan siang atau makan malam singkat.

Hokkien Mee

Sumber : foodcanon

Dari gerobak dorong tradisional hingga kios makan, Hokkien Mee banyak dijajakan dan menjadi salah satu kuliner yang wajib dicicipi selama berada di Penang. Hidangan mie udang yang beraroma ini tersedia secara luas dalam banyak bentuk di seluruh Asia Tenggara, berasal dari imigran Cina dari Provinsi Fujian (Hokkien). Kaldu gurih dibuat dari merebus udang kering dan kepala udang, dan hidangannya diberi lebih banyak rasa dengan tambahan irisan daging babi, kue ikan, tauge, bawang merah, dan pasta cabai merah.

Theochew Chendul

Sumber : vkeong

Sama dengan cendol di Indonesia, Theochew Chendul adalah semangkuk es serut yang diisi dengan adonan hijau kenyal, tepung jeli, kacang merah, santan segar dan sirup gula merah. Setelah mengunyah makanan kaya dan pedas di sekitar pulau, rasanya lezat sekali untuk menikmati makanan ringan sedingin es ini. Warung Teochew Chendul yang terkenal di Jalan Penang di Georgetown telah menjual makanan penutup ini selama lebih dari 40 tahun, dan Anda dapat melihat seluruh keluarga membantu di warung kecil dengan antrian yang sangat panjang.

Beri komentar Anda tentang artikel ini