Selain Sushi dan Ramen, Ini Jajanan Khas Jepang yang Tak Kalah Lezat!

jajanan khas Jepang
Sumber : jessicagavin

Selain Thailand, Jepang juga memiliki segudang kuliner lezat yang siap memanjakan lidah. Tak hanya sushi dan ramen yang biasa disajikan di restoran mewah, ternyata jajanan khas Jepang juga tak kalah nikmat. Penyajian dan bentuknya yang unik membuat beberapa jajanan khas Jepang berikut ini diminati banyak masyarakat Indonesia. Ingin tahu apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

Jajanan Khas Jepang yang Populer di Indonesia

1. Takoyaki

takoyaki
Sumber: tripadvisor

Kuliner Jepang yang satu ini berasal dari kota Osaka. Jajanan yang memiliki bentuk bola kecil ini terbuat dari tepung yang dicampur dengan telur serta berisikan daging gurita. Takoyaki harus diputar dalam penggorengan berbentuk setengah lingkaran untuk membuatnya mirip seperti bola kecil. Agar lebih nikmat, jangan lupa disajikan dengan saus dan irisan tipis ikan Bonito.

2. Okonomiyaki

Sumber: nibble.id

Bisa dibilang bahwa okonomiyaki ini merupakan pancake versi Jepang. Okonomi memiliki arti apa pun yang Anda mau, sedangkan yaki berarti dipanggang atau dimasak. Jadi, mengacu pada arti okonomiyaki itu sendiri adalah Anda bebas untuk memilih bahan dasar apa pun yang Anda sukai untuk dijadikan okonomiyaki, baik dipanggang ataupun dimasak. Biasanya, masyarakat Jepang menggunakan bahan-bahan seperti kol, daun bawang, daging serta gurita untuk dicampurkan. Setelah matang, okonomiyaki ini disajikan dengan saus spesial atau mayonais Jepang.

Baca Juga: 6 Gorengan Khas Jepang yang Selalu Menjadi Favorit karena Kelezatannya

3. Yakitori

Sumber: justonecookbook

Jika Indonesia memiliki hidangan sate yang biasanya berbahan dasar daging sapi atau daging ayam, maka Jepang juga memiliki versi satenya sendiri yang disebut dengan yakitori. Yakitori biasanya terbuat dari daging-dagingan atau sayur-sayuran. Tetapi, biasanya yakitori ini terbuat dari gyutan (lidah sapi) dan juga reba (hati ayam). Sebelum dibakar, sate khas Jepang ini diberi bumbu saus tare atau garam terlebih dahulu.

4. Kakigori

Sumber: wikipedia

Es serut khas Jepang ini paling cocok disantap di tengah panasnya cuaca. Mirip seperti Bingsoo (es serut dari Korea Selatan), Kakigori juga diberi tambahan sirup dan topping lainnya. Namun biasanya, kakigori ini diberi saus stroberi atau nanas. Nampaknya sangat segar disantap di tengah teriknya cuaca Jakarta, bukan?

5. Taiyaki

Sumber: goldenbrownanddelicious

Menjadi salah satu jajanan favorit warga Jepang, taiyaki merupakan pancake dengan bentuk yang menarik yakni ikan. Pancake ini berisikan pasta kacang merah yang hangat. Pilihan taburan seperti cokelat atau keju bisa ditambahkan di atas taiyaki ini agar rasanya semakin lezat.

6. Yakisoba

Sumber: thewoksoflife

Bisa dibilang sebagai jajanan legendaris khas Jepang, yakisoba ini merupakan mi soba yang direbus sebelum digoreng dan ditambahkan irisan daging serta saus spesial di atasnya. Yakisoba ini biasanya disajikan bersamaan dengan jahe merah sebagai pembersih usus sebelum Anda mengonsumsi kuliner ini.