Wawancara saat Hamil? Inilah 4 Hal yang Harus Anda Lakukan

13
wawancara saat hamil
Sumber: personneltoday

Kebanyakan orang tidak menganggap interview kerja adalah sebagai sesuatu yang nyaman, apalagi ketika mereka menjalani wawancara saat hamil muda. Ada banyak alasan untuk menghindari atau menunda membagikan kabar pribadi ini pada saat wawancara kerja. Anda bukan hanya akan merasa bahwa informasi ini tidak relevan dengan kemampuan atau ketertarikan Anda pada pekerjaan, namun Anda mungkin juga akan khawatir bahwa pihak perusahaan tersebut nantinya akan melakukan diskriminasi atau bahkan menolak mempekerjakan Anda jika mereka tahu status kehamilan Anda. Meskipun keputusan untuk tidak mempekerjakan seseorang karena kehamilannya sebenarnya melanggar hukum, ini adalah hal yang sangat umum terjadi. Karena itu, Anda perlu berhati-hati bila melakukan wawancara saat hamil. Lakukanlah hal-hal berikut ini untuk mengantisipasi.

Lakukan Ini ketika Anda Hendak Menghadiri Wawancara saat Hamil

Lakukan Riset Mendalam

pencarian di internet
Sumber : youworklifebliss

Situs-situs review perusahaan atau pencarian di internet bisa mengungkap banyak hal mengenai budaya perusahaan. Coba lihatlah cara perusahaan yang akan mewawancarai Anda menangani media sosial mereka, begitu pula dengan karyawan-karyawan yang bekerja di dalamnya. Coba bacalah mengenai orang-orang yang ada pada posisi manajemen di perusahaan. Apakah mereka wanita? Apakah mereka ibu? Apakah mereka mendiskusikan kehidupan anak-anak dan keluarga? Meskipun saat ini masih banyak perusahaan yang masih beroperasi secara konservatif dan karena itu memiliki jejak digital yang tidak besar, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dengan mencari tanda-tanda ini, baik untuk persiapan saat menjalani wawancara saat hamil atau untuk pertimbangan ke depannya ketika akan bekerja di sebuah perusahaan.

Baca Juga: Tidak Sembarang, Ini Hal-Hal yang Harus Dihindari saat Memberi Kabar Hamil pada Atasan!

Coba Perhatikan Sekeliling Anda saat Wawancara

Sumber : stocksy

Satu hal yang sangat penting ketika Anda sedang menjalani wawacara kerja, terlebih lagi wawancara saat hamil, adalah memahami budaya perusahaan. Untuk mengerti budaya perusahaan yang akan mewawancarai Anda, seringkali akan sangat membantu jika Anda bisa meriset mereka di dunia nyata, bukan hanya sekadar media sosial. Coba datanglah lebih awal dan berjalan-jalanlah di sekeliling bangunan kantor dan amatilah tingkah laku para pegawainya saat Anda memasuki kantor. Carilah atmosfer yang menunjukkan bahwa mereka sangat pengertian dan ramah keluarga. Apakah ini adalah perusahaan di mana orang-orang suka menggantung foto anggota keluarga, membicarakan tentang anak-anak, dan nampak benar-benar menikmati waktu mereka? Atau, apakah ini tempat di mana pintu-pintu nampak benar-benar tertutup dan formalitas adalah norma? Jika Anda boleh memilih waktu wawancara, mintalah waktu pada pagi hari atau sore hari, sehingga Anda bisa meneliti suasana kantor ketika orang-orang baru datang atau saat pulang kerja.

Tanyakan Pertanyaan Mengenai Diversitas dan Inklusi

Kemungkinan, akan ada hubungan antara perusahaan yang berinvestasi dalam program diversitas dan inklusi dengan dukungan terhadap orang tua baru. Meski tidak selalu demikian, namun Anda sebaiknya menanyakannya ketika wawancara saat hamil. Melihat reaksi pewawancara Anda terhadap pertanyaan dan pengetahuannya terhadap inklusivitas perusahaan bisa menjadi indikator yang sangat baik terhadap penerimaan mereka akan ibu baru.

Minta Informasi Tambahan saat Anda Menerima Tawaran

5 Hal Berikut Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja
Sumber: Resources.onewire

Ketika Anda mendapatkan tawaran, Anda mungkin masih belum merasa nyaman menyampaikan kabar Anda. Dalam kasus seperti ini, mintalah informasi seperti paket tunjangan, cuti hamil, atau bicaralah kepada anggota lain yang mungkin Anda temui pada saat proses wawancara. Anda mungkin bisa jadi sudah dikenalkan dengan karyawan lain yang merupakan ibu dan bisa membicarakannya dengan nyaman mengenai pertanyaan-pertanyaan Anda ini. Selain itu, pastikan bahwa dalam kontrak tidak terdapat klausul yang akan memberatkan Anda jika Anda menerima pekerjaan tersebut.

Pada intinya, berhati-hatilah dan selalu cari tahulah segala informasi ketika menjalani wawancara saat hamil. Namun, jangan takut bahwa semuanya akan mengerikan di sana.