Trik Jitu Agar Tak Telanjur Kalap saat Makan Prasmanan

Sistem makan prasmanan memang sangat disukai banyak orang. Karena sistem tersebut membuat orang leluasa memilih dan menyantap makanan yang diinginkan. Tak mengherankan bila gaya makan ala prasmanan sering dipilih untuk berbagai acara, mulai dari acara kantor, buka puasa bersama, Lebaran, hingga pernikahan.

Sayangnya, gaya makan prasmanan juga kerap membuat orang kalap.

Tak hanya makan berlebihan, orang-orang juga cenderung mengambil banyak makanan tetapi tidak menyantapnya sampai habis. Sebaiknya Anda melakukan beberapa trik jitu ini supaya tidak makan secara berlebihan dalam konsep prasmanan.

Berkeliling Terlebih Dahulu

Jangan terburu-buru mengambil makanan yang sudah disajikan. Alangkah lebih baik bila Anda berkeliling terlebih dahulu untuk melihat aneka makanan tersebut. Dengan demikian, Anda bisa memutuskan makanan yang akan Anda pilih secara cermat. Tak perlu kalap mengambil banyak makanan karena merasa ingin menyantap semuanya. Pilihlah jenis makanan yang sehat dan paling Anda sukai.

Menikmati Sup atau Buah sebagai Pilihan Pertama

Saat makan prasmanan, sebaiknya Anda menyantap sup atau buah-buahan sebagai pilihan pertama. Kedua jenis makanan tersebut akan membuat Anda kenyang tanpa kalori berlebihan. Setelah menikmati sup atau buah-buahan, kemungkinan besar Anda tidak kalap mengambil jenis makanan lainnya.

Kondisi perut masih cukup menikmati makanan lain dengan porsi kecil untuk sekadar mencoba. Sup dan buah-buahan juga mengandung banyak air yang dapat membantu menjaga kestabilan jumlah cairan dalam tubuh.

Membatasi Asupan Karbohidrat

Jangan lupa membatasi asupan karbohidrat saat makan prasmanan. Anda tak perlu mengambil nasi, mi, soun, atau bihun secara berlebihan. Ada banyak jenis makanan lain yang bisa Anda cicipi. Menyantap asupan karbohidrat berlebihan hanya membuat Anda cepat kenyang dan menimbun banyak kalori dalam tubuh. Padahal, sajian makanan lain juga tak kalah lezat dan mengenyangkan.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Menggantikan Nasi untuk Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat Anda

Jangan Berkumpul di Sekitar Meja Makanan

Tak banyak orang yang menyadari bahwa berkumpul di sekitar meja makanan membuat kecenderungan nafsu makan menjadi lebih besar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih tempat khusus ketika akan menikmati makanan yang sudah diambil. Duduklah dengan tenang supaya bisa menyantap makanan perlahan-lahan tanpa tergugah mengambil makanan lainnya secara berlebihan.

Cukup Minum Air Putih Saja

Demi membatasi asupan kalori selama makan prasmanan, sebaiknya Anda hanya minum air putih saja. Karena minuman manis tak hanya menambah asupan kalori tetapi juga membuat Anda cepat kenyang. Bila Anda tak ingin makan berlebihan, Anda bisa minum segelas air putih sesaat sebelum makan. Agar perut lebih kenyang dan Anda tidak tergoda menyantap banyak makanan.

Jangan sampai kebiasaan makan prasmanan bikin Anda sering menimbun kalori berlebihan dalam tubuh. Makanlah dengan bijaksana agar tetap dapat menikmatinya tanpa membahayakan kesehatan diri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here