Jangan Takut Putus Cinta! 3 Tahapan Ini Pasti akan Kamu Alami, Kok!

jangan takut putus cinta

Jatuh cinta adalah sesuatu hal yang tidak bisa dideskripsikan, namun selalu membawa hal positif dan kegembiraan dalam dirimu. Namun apa jadinya jika hubunganmu sudah tidak sehat dan tidak sebahagia sebelumnya? Putus cinta mungkin jawabannya, bisa jadi dia bukanlah jodohmu, dan kamu harus rela melepaskannya.

Sebelum mengambil keputusan, simak 3 tahapan cinta yang biasa dilalui orang!

1. Cinta Pertama a.k.a Cinta Monyet

Pasti kamu semua ingat dong, dengan cinta pertama kamu? Baik itu kenangan manis ataupun buruk sekalipun, kamu bahkan bisa mengingat detail-detail menarik di tahap pertama tersebut. Mulai dari bagaimana awal kamu melakukan pendekatan, kencan pertama, tempat makan pertama, bahkan sampai alasan dan momen kenapa kamu putus dengannya. Momen putus & sakit hati di tahap ini biasanya tidak memakan waktu lama, karena umumnya orang akan jatuh cinta pertama kali pada masa sekolahnya, baik saat Sekolah Menegah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menegah Atas (SMA).

Cinta monyet, bisa jadi Putus Cinta pertama. Nikmatin aja!
Sumber: pixabay

2. Cinta demi Obsesi, Bahaya!

Cinta demi obsesi, yang lumrahnya terjadi karena ketertarikan fisik, materi, kepintaran, ataupun lain sebagainya. Pada dasarnya manusia memiliki banyak kemauan dari dalam dirinya, sehingga tidak heran jika ada beberapa orang yang “hobi” bergonta ganti pasangan. Di tahapan ini kamu akan merasa tertarik/ bahkan sangat tertarik pada seseorang sehingga menjadi sebuah obsesi untuk memilkinya apapun dan bagaimanapun caranya.

Setelah kamu mendapatkan apa yang kamu mau, kamu akan terus mempertahankannya sebisa mungkin dengan obsesi dan ego dalam dirimu, meskipun hubungan tersebut berjalan tidak lancar sekalipun. Hal ini lah yang menjadi permasalahan, beberapa orang tidak berani mengambil keputusan untuk mengakhiri hubungannya, dan malah menyakiti perasaan kedua belah pihak.

Cinta demi Obsesi. Bahaya, Jangan Takut Putus Cinta!
Sumber: pixabay

Jangan takut putus cinta jika itu menyakitimu dan pasangannmu! Mungkin belahan jiwamu di sana juga sedang ada di tahapan yang sama, atau bahkan dia sedang menunggumu.

Namun bijak-bijaklah dalam mengambil keputusan, ya! Jangan hanya terbawa emosi dan ego ketika mengakhiri sebuah hubungan, yang nantinya bisa membuatmu menyesal.

Baca Juga : Tips agar Tetap Produktif saat Galau karena Putus Cinta

3. Cinta pada Belahan Jiwamu

Pada tahapan ini, cinta akan datang sendirinya dari kedua belah pihak, tidak dicari dan tidak juga dikejar. Namun, kalian akan bertemu pada satu titik dimana kalian merasa sangat cocok satu sama lain, inilah yang namanya cinta pada belahan jiwa/soulmate.

Memang tidak ada jaminan bahwa tidak akan ada permasalahan di antara kalian, namun kalian pasti akan menemukan cara mengatasinya (tidak sesulit yang kalian hadapi, seperti pada tahap cinta demi obsesi). Tahapan inilah yang paling membahagiakan, bertemu teman hidupmu, kemudian menikah, dan akan bersama untuk selama-lamanya.

Putus Cinta itu biasa, temukan belahan jiwamu!
Sumber: pixabay

Namun, tidak jarang ada beberapa orang yang akan bertahan pada hubungannya di tahapan 1 ataupun 2, kemudian menikah. Atau beberapa orang juga mungkin tidak melalui tahapan 1 dan / atau 2. Intinya, jatuh cinta itu indah, bahkan sangat indah, namun setiap putus cinta pasti memiliki hikmah tersendiri. Jadi jangan takut menjalani dan menikmati setiap prosesnya yah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here