Kapan Indonesia Bisa Menikmati Jaringan 5G? Ini Jawabannya

Jaringan fifth generation atau yang biasa disebut 5G merupakan teknologi telekomunikasi terbaru di dunia saat ini. Jaringan 5G juga sudah mulai diterapkan oleh banyak negara di seluruh dunia. Lantas, kapan masyarakat di Indonesia bisa menikmati jaringan 5G? Berikut informasinya.

Target Indonesia bisa Menikmati Jaringan 5G

Seperti yang dikutip dari Tempo, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail menjelaskan perihal kapan Indonesia bisa menikmati jaringan 5G. Menurutnya, Indonesia masih harus mengembangkan jaringan 5G agar bisa mencapai seluruh Nusantara.

Ismail juga menambahkan bahwa Jepang dan Korea Selatan sudah menerapkan jaringan 5G di negaranya secara maksimal pada 2019 ini. Tentu Indonesia akan menyusul, namun masih membutuhkan banyak proses.

“Indonesia pasti akan menyusul (menerapkan jaringan 5G), namun masih butuh banyak proses,” ujar Ismail.

Baca Juga: Samsung Punya Pencapaian Baru Dalam Penyambutan Jaringan 5G

Selain itu, pemerintah Indonesia juga sedang membahas lebih lanjut mengenai masalah frekuensi. Pembahasan ini mencakup skala global, sehingga frekuensi jaringan 5G di Indonesia akan sejalan dengan kebijakan frekuensi global. Terkait pembangunan jaringan 5G, Indonesia akan memanfaatkan infrastruktur telekomunikasi serat optik Palapa Ring.

Perihal kesiapan jaringan 5G di Indonesia, diperkirakan jaringan telekomunikasi termutakhir tersebut baru bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia pada 2021. Hal ini mengacu pada proses persiapan jaringan 5G yang diprediksi akan rampung pada 2020.

Terkait kegunaannya sendiri, jaringan 5G tentunya jauh lebih unggul dibandingkan jaringan 4G yang ada saat ini. Dengan jaringan 5G, nantinya masyarakat bisa mengunduh data sebesar 16GB (1600MB) hanya dalam kurun waktu 1-2 detik saja. Tentu hal ini akan menjadikan peradaban teknologi digital menjadi semakin berkembang pesat.

Sebelumnya, Indonesia juga sudah menguji coba jaringan 5G pada lokasi ajang Asian Games pada 2018 lalu. Telkomsel menjadi satu-satunya provider yang menyediakan layanan 5G. Sehingga para kontingen dan turis yang berkunjung ke Indonesia bisa menikmati jaringan 5G ketika turnamen berlangsung.

Semoga saja proyek pembangunan jaringan 5G bisa terselesaikan sesuai rencana dan tepat waktu ya.

Beri komentar Anda tentang artikel ini