Jangan Stres ketika Hadapi Pertanyaan Kreatif saat Interview? Ini Triknya!

Seiring perkembangan zaman, pertanyaan inverview yang diajukan oleh pewawancara semakin kompleks. Bahkan, perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Amazon, Google dan Tesla telah menjauh dari pertanyaan interview tradisional dan mengajukan pertanyaan interview kreatif. Tidak ada salahnya bila Anda mempersiapkan diri bila harus dihadapkan dengan pertanyaan kreatif. Yuk, simak bocorannya!

Pertanyaan: “Bila Anda Seekor Binatang, Anda Ingin menjadi Apa dan Kenapa?”

Ini adalah pertanyaan jebakan. Ada dua alasan kenapa pewawancara mengajukan pertanyaan interview kreatif ini. Pertama, mereka ingin tahu bagaimana Anda bereaksi saat berada di bawah tekanan. Kedua, mereka ingin melihat kualitas apa yang Anda miliki. Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan interview kreatif tersebut adalah dengan memilih binatang yang memiliki kualitas yang berkaitan dengan peran kerja. Contoh, bila Anda bekerja sebagai bagian dari anggota tim, Anda seharusnya condong pada binatang semut atau gajah yang pekerja kerjas, cerdas, dan team player. Di sisi lain, bila Anda mengajukan lamaran kerja untuk peran manajerial, Anda dapat menjawab ingin menjadi seperti singa atau elang. Kedua binatang ini memiliki kualitias leadership dan dapat berpikir secara mandiri. Pada dasarnya, yang terbaik adalah memikirkan jawaban secara logis, alih-alih hanya mengucapkan hewan peliharaan saja.

Baca Juga: Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja: ‘Apa yang Anda Pelajari dari Pekerjaan Sebelumnya?’

Pertanyaan: “Bila Anda Menjadi Karakter dalam Fiksi, Anda Ingin Menjadi Siapa?”

Ini adalah pertanyaan interview perilaku yang digunakan untuk melihat seberapa kreatif Anda. Tidak peduli apapun jawaban Anda, sepanjang itu menarik dan berwawasan untuk merepresentasikan diri Anda secara pribadi dan bagaimana itu bisa cocok bagi Anda untuk bisa bekerja sama di tempat kerja. Untuk menjawab pertanyaan interview kreatif ini bergantung pada perusahaan tempat Anda melamar kerja. Anda dapat meresponnya dengan karakter yang cocok dalam industri yang mirip. Contoh, bila Anda melakukan interview di dunia fashion, Anda akan mengatakan seperti, “Saya harus mengatakan Andrea Sachs dari The Devil Wears Prada. Meskipun ia ditempatkan pada situasi yang sulit, ia dapat menunjukan kekuatan karakter dan tekad kuat untuk berhasil dalam karier.”

Pertanyaan: “Blog atau Situs Industri Apa yang Sering Anda Kunjungi?”

Pertanyaan interview kreatif ini juga termasuk pertanyaan jebakan yang digunakan untuk memisahkan para profesional yang akan melamar kerja. Contoh, bila Anda menghabiskan banyak waktu untuk membaca situs yang sama sekali tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar, manajer perekrut pun akan mulai mempertanyakan kekuatan aplikasi lamaran kerja Anda. Biarpun Anda memiliki ketertarikan di luar industri target Anda, pastikan bahwa Anda menyebutkannya karena akan bermanfaat satu dengan yang lain. Contoh, bila Anda mengajukan aplikasi untuk peran akunting tetapi juga tertarik dengan fitness, Anda dapat menyebutkan tentang bagaimana membaca Women’s Health dapat membantu Anda tetap bersemangat dan termotivasi sehingga membantu tugas sehari-hari Anda.

Pertanyaan: “Siapa yang Anda Inginkan untuk Menjadi Tamu Makan Malam Istimewa?”

Tujuan dari pertanyaan interview kreatif ini adalah agar manajer perekrut dapat menilai apakah Anda dapat menyatukan dan berpikir mandiri. Tentu saja tidak ada jawaban benar dan salah, serta jelas bukan pertanyaan jebakan. Ini hanyalah pertanyaan yang diajukan untuk melihat apakah Anda dapat hancur di bawah keheningan yang tegang, serta memberi mereka sedikit gambaran tentang kepribadian Anda. Untuk menjawab pertanyaan ini, buatlah daftar orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat, yaitu orang-orang yang akan memberi persepsi berbeda. Sebagai contoh, Anda dapat memilih Mahatma Gandhi karena ia memimpin pergerakan tanpa kekerasan. Di sini, Anda dapat memilih orang besar yang darinya, Anda bisa mendapat pelajaran berharga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here