Ini Jawaban-Jawaban yang Ingin Didengar oleh Pewawancara saat Wawancara via Telepon

3 Jawaban Dari Pertanyaan Ini Ingin Didengar Oleh Pewawancara Saat Melakukan Wawancara via Telepon
Sumber: Thejobnetwork

Biarpun wawancara via telepon tidak begitu membuat gugup dibandingkan wawancara secara langsung, namun tetap saja ada bagian sulit yang harus Anda lalui. Di mana akan ada perbedaan mencolok antara kedua jenis wawancara tersebut. Dengan melakukan wawancara via telepon, Anda tidak perlu bertemu langsung dengan sang pewawancara. Dan tahukah Anda? Faktanya, sebagian pewawancara hanya ingin mengetahui beberapa informasi mendasar tentang Anda. Untuk itu, berikut adalah 3 pertanyaan yang harus Anda jawab dengan jujur selama melakukan wawancara via telepon.

3 Hal yang Ingin Diketahui Pewawancara saat Melakukan Wawancara via Telepon

Apakah Kandidat Ini Telah Melakukan Pekerjaan Rumah?

Poin ini tentu tidak mengejutkan lagi bagi Anda. Melakukan riset terhadap perusahaan sebelum melakukan wawancara kerja adalah salah satu hal yang pertama kali harus Anda lakukan. Selanjutnya, dalam proses interview, Anda harus memiliki pemahaman yang cukup tentang histori perusahaan dan apa yang sedang mereka coba capai.

Namun, saat mulai masuk pada percakapan awal, perusahaan Anda berusaha untuk memastikan bila kandidat paling tidak telah melakukan pekerjaan rumah. Ada perbedaan besar antara berbicara dengan seseorang yang melakukan persiapan hanya 1 – 2 hari dengan berbicara dengan seseorang yang sedang berusaha untuk melakukannya wawancara via telepon. Sudah pasti pewawancara dapat melihat perbedaan tersebut.

Lalu, apa contoh yang paling ekstrim? Salah satu pelamar kerja mencoba dengan membaca ‘About Us’ pada bagian website perusahaan. Oleh karena itu, bila Anda tidak tahu histori tentang siapa pendiri perusahaan, paling tidak Anda dapat memberitahu pewawancara tentang pernyataan dari misi perusahaan, produk terbaru yang diluncurkan, atau bagaimana kerja perusahaan telah memengaruhi atau menginspirasi Anda.

Baca Juga: Wawancara Telepon Mendadak? Buat HRD Terkesan dengan Langkah-Langkah Ini!

Apakah Kandidat Ini Bersedia untuk Mendiskusikan Tentang Gaji?

gaji besar
Sumber: mergersandacquisitions

Pertanyaan yang paling rumit tentu berkaitan dengan uang. Pewawancara pun tahu betapa sulitnya mendiskusikan tentang uang karena Anda tidak ingin menurunkan harga diri Anda dengan gaji murah. Namun, Anda juga tidak ingin terburu-buru dengan menanyakan tentang gaji. Ini adalah pertanyaan yang sulit, namun sebagian besar pewawancara juga mengetahui akan poin tersebut.

Pewawancara mengajukan pertanyaan tentang gaji semata-mata untuk memastikan jika ia tidak akan membuang waktu para pelamar kerja. Bila gaji yang Anda ajukan tidak dapat diberikan oleh perusahaan, pewawancara pun akan mengatakannya. Namun dalam beberapa kasus, pewawancara merasa ‘terluka’ karena betapa ia ingin mempekerjakan Anda, namun masih tidak ada kecocokan dengan gaji.

Kondisi semacam itu seringkali terjadi dalam wawancara via telepon. Ketika pewawancara tahu kualitas, pengalaman, dan skill Anda, namun jika pada akhirnya tahu bahwa perusahaan tidak dapat menggaji Anda, itu sudah bisa membuat mereka kecewa. Sebagai solusi, belajarlah untuk tidak sungkan-sungkan bertanya mengenai gaji saat melakukan wawancara via telepon untuk mengurangi risiko Anda dan pewawancara terkena PHP.

Apakah Kandidat Menunjukkan Ketertarikan yang Tulus Terhadap Perusahaan?

Sebagian besar pewawancara ingin mendengar tentang kenapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan. Namun faktanya, sebagian besar pelamar kerja cenderung untuk mengabaikan hal tersebut. Padahal, faktor ini menjadi sangat penting dan ingin diketahui oleh pewawancara. Dan bila Anda tidak bisa menjelaskan kenapa Anda ingin bekerja di perusahaan, sudah pasti pewawancara akan mencoret Anda dari daftar kandidat potensial.

Oleh karena itu, tunjukkanlah antusiasme dan semangat dalam menjawab setiap pertanyaan ketika Anda melakukan wawancara via telepon. Pewawancara mungkin tidak bisa melihat Anda. Namun ia bisa merasakan adanya energi dan aura yang terpancar dari nada bicara Anda selama interview berlangsung.

Beri Komentar Anda

komentar