Diputar Jelang Imlek, Pai Kau Kisahkan Pernikahan Etnis China

Diputar Jelang Imlek, Pai Kau Kisahkan Pernikahan Etnis China
Sumber: metrotvnews

Film ‘Pai Kau’ mengambil tema pernikahan etnis China. Film tersebut disutradarai oleh sutradara spesialis film pendek yakni Sidi Saleh.

‘The Last Barongsai’ merupakan salah satu film Indonesia yang mengambil latar belakang kehidupan etnis Tionghoa. Namun selain film tersebut dan beberapa film pendek lainnya tak banyak film berlatar belakang etnis Tionghoa diproduksi oleh para sineas Indonesia.

Kendati demikian sebuah film berjudul Pai Kau tak lama lagi akan segera ditayangkan. Seperti juga The Last Barongsai, Pai Kau mencoba membedah kehidupan warga etnis Tionghoa. Namun film China tersebut disajikan dengan pendekatan film-film Hongkong yang selama ini telah banyak disaksikan.

Pai Kau: Film China Garapan Sineas Indonesia

Dilansir laman Detik, adalah Sidi Saleh sutradara yang berada di dibalik penggarapan film Pai Kau. Selain bertindak sebagai sutradara, Sidi juga menjadi penulis skenarionya.

“Kita tuh banyak nonton film-film khas Hong Kong. Kita belum punya, jadi itu sih alasan gue pengen garap film ini,” papar Sidi Saleh.

“Sebenarnya cerita seperti ini bisa terjadi sama siapapun dengan latar budaya apapun. Cuma menjadi menarik ketika mengetahui gimana sih orang China menangani problem ini,” lanjutnya.

Pai Kau berkisah tentang pernikahan Lucy dan Edy. Lucy adalah anak dari Koh Liem, seorang konglomerat dan mafia yang ditakuti. Tak disangka-sangka di hari pernikahan tersebut muncullah seorang wanita misterius bernama Siska. Siska sebelumnya pernah menjalin hubungan asmara dengan Edy dan bermaksud menghancurkan pernikahannya.

Pai Kau merupakan film panjang pertama garapan Sidi Saleh. Sebelumnya Sidi banyak menggarap film-film pendek untuk diikutsertakan di berbagai festival film.

Baca Juga: Artis Peran Marsha Timothy Raih Penghargaan Festival Film di Spanyol

Salah satu karya Sidi yang pernah mendapatkan penghargaan adalah film ‘Maryam’. Film tersebut berhasil meraih penghargaan Orrizonti Award di ajang Venice International Film Festival pada 2014 lalu.

Film Pai Kau banyak dibintangi oleh para pendatang baru. Di antaranya adalah Anthony Xie (Edy Wijaya), Irina Chiu (Lucia Liem) dan Ineke Valentina (Siska). Selain itu, bermain pula Tjie Jan Tan (Koh Liem), Richard Oh (Richard) dan Natasha Gott (Sinta).

Archipelago Pictures dan Kaninga Pictures yang memproduksi Pai Kau menjadwalkan film tersebut dirilis menjelang perayaan Tahun Baru China, yakni pada tanggal 8 Februari mendatang.

Beri Komentar Anda

komentar