Terkenal dengan Kelezatannya, Ini 5 Jenis Cokelat yang Harus Kamu Tahu

jenis cokelat
sumber: wallpapaercave

Cokelat menjadi salah satu makanan yang paling identik dengan valentine. Rasanya yang enak dan manis menjadikan cokelat sebagai primadona untuk dijadikan hadiah saat valentine. Cukup dibungkus dengan cantik, siapapun pasti bisa meleleh kalau diberi kado cokelat. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak jenis cokelat? Bahkan, masing-masing cokelat juga memiliki tujuan penggunaan tersendiri. Kalau selama ini kamu hanya mengenal jenis cokelat yang biasa dijual di pasaran, rasanya kamu perlu baca ulasan berikut ini. Inilah daftar jenis cokelat yang perlu kamu tahu. Ternyata cokelat tidak hanya punya rasa manis saja lho!

Jenis Cokelat yang Ini Memang Pahit. Namanya Unsweetened Chocolate

sumber: leaf

Kalau kamu pernah mencicipi cokelat yang rasanya sangat pahit dan sama sekali tidak manis, bisa dipastikan itu adalah unsweetened chocolate. Jenis cokelat ini terdiri dari 100 persen kakao tanpa campuran gula atau pun susu. Biasanya digunakan lemak kakao untuk menggumpalkan cokelat ini. Meski pahit, bukan berarti unsweetened chocolate ini tidak bisa dimakan loh. Unsweetened chocolate sering dipakai sebagai bahan pelengkap pada hidangan penutup. Rasanya yang pahit bisa menstabilkan rasa manis yang biasanya ada pada hidangan penutup.

Baca Juga: 5 Cokelat Unik Buatan Indonesia yang Bikin Penasaran Mencobanya

Dark Chocolate yang Ternyata Tidak Terlalu Pahit

sumber: hsph.harvard

Ada yang bilang kalau dark chocolate itu pahit banget. Jenis cokelat yang satu ini tidak sepenuhnya pahit loh. Dark chocolate terbuat dari 70 persen kakao dan sisanya berupa campuran gula dan susu. Rasa pahit memang tetap identik dari cokelat ini. Namun, pahitnya tentu tidak sepekat unsweetened chocolate. Jadi, cokelat ini cocok juga dikonsumsi untuk kamu yang tidak begitu suka rasa manis. Lagipula dark chocolate ini tidak begitu membuat eneg kok.

Begitu Pula dengan Jenis Cokelat Ini. Semi-Sweet Chocolate Bisa Dimakan Langsung

sumber: placeoforigin

Di bawah dark chocolate, ada semi-sweet chocolate yang juga tidak kalah enak untuk dinikmati. Kandungan di dalamnya adalah 60 persen kakao dan sisanya berupa campuran gula serta susu. Bisa dibilang cokelat ini lebih umum ditemukan karena rasanya cenderung lebih manis. Semi-sweet chocolate dapat dimakan langsung, digunakan sebagai campuran pada hidangan penutup, dan kadang sebagai hiasan pada kue.

Nah, Kalau Milk Chocolate Ini Pasti Banyak yang Suka

sumber: wallpapaercave

Orang-orang Indonesia cenderung lebih suka jenis cokelat yang satu ini. Milk chocolate merupakan cokelat yang hanya mengandung 10 hingga 40 persen kakao di dalamnya. Karena sisanya adalah campuran gula dan susu, kebayang dong rasa cokelat ini jauh lebih manis. Milk chocolate ini paling mudah ditemukan di toko-toko dan pastinya biasa dipakai untuk kado valentine. Apakah kamu juga penggemar milk chocolate?

Jenis Cokelat Terakhir adalah White Chocolate. Cokelat Kok Putih Ya?

sumber: fanpop

Pernah nggak makan white chocolate? Cokelat ini sempat agak membingungkan karena warnanya yang putih, berbeda dengan cokelat kebanyakan. Uniknya, white chocolate ini sama sekali tidak mengandung kakao. Bahannya hanya ada lemak kokoa, gula, dan beberapa perasa. Para ahli cokelat sempat menyangsikan white chocolate sebagai jenis cokelat. Namun, belakangan ini white chocolate sudah diakui sebagai bagian dari jenis cokelat.

Ternyata cokelat tidak selalu manis ya. Bahkan, cokelat sebenarnya memiliki rasa yang pahit. Setelah tahu jenis cokelat, semoga kamu nggak salah pilih cokelat untuk pacarmu di hari Valentine nanti ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here