Jenis Keju Ini Lezat Banget, Pantas Saja Disuka!

sumber: vegetariantimes.com

Keju salah satu bahan makanan yang disukai hampir seluruh penduduk di dunia. Termasuk Indonesia. Belakangan keju mulai banyak digunakan sebagai bahan makanan andalan, mulai dari martabak hingga ayam geprek. Tahukah kamu ada banyak jenis keju di dunia? Berikut keju-keju yang cukup terkenal di dunia. Simak ya!

Keju asal Belanda ini Namanya Gouda

sumber: fromagination.com

Gouda terbuat dari susu sapi dan memiliki tekstur cukup keras dengan rasa yang enak banget. Dalam perkembangannya, ada banyak gouda yang terbuat dari susu kambing dan domba. Kegunaan gouda ini bermacam-macam loh, tergantung dari usia si keju sendiri. Unik juga ya?

Gouda yang tergolong baru paling pas dinikmati bersama bir. Sedangkan yang usianya sedikit lebih tua lebih enak disandingkan dengan wine buah. Nah, gouda dengan usia paling tua paling jago diduetkan dengan wine yang punya rasa tajam. Wah, ternyata keju Belanda ini lebih cocok dinikmati bersama wine ya!

Pernah Melihat Blue Cheese seperti ini?

sumber: cheeseofthemonthclub.com

Sekilas, blue cheese asal Denmark ini kelihatan berbeda dengan keju kebanyakan ya? Warna kebiruan yang ada di keju berasal dari bakteri-bakteri dalam proses pembuatannya. Jadi, jangan buru-buru menyimpulkan kalau blue cheese ini adalah keju yang jamuran ya.

Berbeda dengan gouda yang bertekstur cukup keras, blue cheese lebih lembut dan sedikit basah. Rasanya enak dan cukup unik. Jenis keju ini biasa dipakai untuk salad dan sandwich. Kira-kira di Indonesia ada yang pakai nggak ya?

Feta, Jenis Keju asal Yunani, Rasanya Cenderung Asin

sumber: greekboston.com

Lain lagi dengan keju yang ini nih. Feta hanya diproduksi di beberapa kota di Yunani. Ibaratnya sih limited edition ya! Susu domba dan susu kambing menjadi bahan utama pembuatan feta. Uniknya, tekstur feta di daerah satu dengan daerah lainnya berbeda loh. Ini tergantung dari bahan susu domba dan susu kambing di tiap daerah yang memang berbeda.

Feta paling sering digunakan sebagai campuran salad, pie, dan pizza. Rasanya yang cenderung asin memang memberikan cita rasa keju yang berbeda. Beberapa kota di Yunani justru menikmati feta sembari minum bir.

Kalau Mozzarella Pasti Jadi Keju Favoritmu deh!

sumber: saputousafoodservice.com

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan jenis keju yang ini? Mozzarella adalah keju asal Italia yang terbuat dari susu sapi. Yang paling unik dari keju ini tentu saja teksturnya yang mudah melar ketika dipanaskan. Selain itu, mozzarella paling pas diolah dalam bentuk makanan apapun. Mulai dari pizza, steak, martabak, hingga ayam geprek. Wah, ini sih favorit orang Indonesia ya!

Baca Juga: Ini 7 Menu Olahan Keju yang Lezat, Sederhana tapi Tetap Memikat!

Jenis Keju Berikutnya adalah Parmesan

sumber: vegetariantimes.com

Kamu pastinya juga tidak asing dengan keju parmesan ini. Keju ini punya tekstur unik, yaitu keras tetapi juga sedikit rapuh. Bahannya berasal dari susu sapi yang belum terpasteurisasi atau proses pemanasan untuk membunuh bakteri. Warna parmesan cenderung agak kuning pucat, sedikit berbeda dibandingkan keju kebanyakan. Namun, rasanya tetap enak. Mau langsung disantap pun mantap. Parmesan biasanya menjadi pelengkap untuk sup, pizza, dan pasta.

Masih ada beberapa jenis keju lainnya, seperti cheddar, mascarpone, emmental, dan lain-lain. Intinya, bahan makanan kesukaan sejuta umat ini memang punya ciri khas masing-masing yang membuat makanan tambah enak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here