Mengenal 5 Jenis Ketakutan Customer yang Kerap Berujung Gagal Membeli

Berbisnis bukan sekadar aktivitas yang bertujuan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Ada berbagai hal kecil yang patut diperhatikan pebisnis supaya bisnisnya dapat bertahan. Salah satunya, mengenali berbagai jenis ketakutan customer yang kerap berujung pada keputusan gagal membeli.

Faktanya, tak banyak pebisnis yang lihai mengidentifikasi jenis ketakutan customer dan mencari penyelesaian yang tepat. Padahal, beberapa ketakutan berikut ini kerap dialami customer dan harus diantisipasi dengan strategi yang tepat:

Takut Mendapatkan Respon Buruk dari Si Pebisnis

Jenis ketakutan customer yang sering terjadi tetapi jarang diungkapkan adalah takut medapatkan respon buruk dari si bisnis. Tentu saja hal ini tidak mengherankan karena banyak pebisnis yang meremehkan customer dengan karakteristik tertentu, misalnya calon customer yang penampilannya agak lusuh.

Jangan sampai pengalaman buruk ini membuat kamu dicap tidak profesional hingga customer mengurungkan niat membeli produk atau jasamu.

Baca Juga: Meraih Perhatian dan Loyalitas Pelanggan Lewat Brand Voice yang Tepat

Takut Ditipu

Perasaan takut ditipu merupakan hal wajar yang dialami customer, apalagi saat ini penipuan berkedok bisnis online sangat marak terjadi dan menimbulkan banyak kerugian. Untuk mengatasi jenis ketakutan customer ini, kamu harus berupaya membangkitkan kepercayaan customer terhadap bisnismu.

Salah satu cara yang paling praktis yaitu menampilkan testimoni positif yang sudah diberikan customer terdahulu. Semakin banyak testimoni positif, maka semakin mudah pula membangkitkan kepercayaan calon customer.

Takut Kurang Memahami Produk yang Diinginkan

Bentuk ketakutan lainnya yang juga sering dialami customer adalah khawatir kurang memahami produk yang diinginkan. Hal ini juga rentan terjadi pada produk yang belum familiar bagi masyarakat. Cara untuk mengatasi jenis ketakutan customer ini adalah memberikan edukasi secara perlahan-lahan dengan konsep yang mudah dimengerti.

Selain menyertakan informasi tentang spesifikasi produk, tutorial penggunaan produk berkonsep audio visual juga tak kalah penting untuk mengedukasi customer.

Dibayangi Pengalaman Masa Lalu

Pengalaman masa lalu yang kurang menyenangkan juga dapat menimbulkan ketakutan dalam diri customer. Jenis ketakutan customer ini biasanya timbul karena mendapatkan produk yang kualitasnya rendah, proses pengiriman yang terlalu lama, hingga menjadi korban penipuan berkedok bisnis online.

Sebagai pebisnis profesional, kamu harus mampu meyakinkan calon customer bahwa kamu bisa menyuguhkan produk atau jasa serta pelayanan bisnis terbaik. Sehingga trauma akibat pengalaman masa lalu tersebut akan berangsur-angsur hilang dan berubah menjadi loyalitas terhadap bisnismu.

Terbayang Kata-Kata yang Diucapkan Staf Sales

Keberadaan staf sales marketing bukan jaminan untuk mendongkrak omzet bisnis. Staf sales yang kurang profesional malah dapat membuat calon customer resah. Hingga akhirnya jenis ketakutan customer tersebut menyebabkan keputusan gagal membeli. Solusinya, staf sales marketing bisnismu mesti memiliki product knowledge yang memadai supaya bisa memberikan edukasi kepada customer secara efektif.

Jangan sampai berbagai jenis ketakutan customer tersebut membawa dampak buruk bagi bisnismu. Atasi masalah tersebut dengan cara terbaik agar bisnis kamu semakin populer dan diminati banyak orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here