Jenis Self Employed yang Disukai Para Milenial, Apa Saja?

Jenis self employed kian beragam di masa kini. Kebanyakan milenial pun mulai memilih berkarier dengan cara ini daripada kerja kantoran. Menjadi self employer memang identik dengan punya bisnis sendiri dan tidak mengandalkan perusahaan untuk menggaji dirinya sendiri.

Lalu, jenis self employed apa saja yang sekarang mulai diminati para milenial? Yuk, simak ulasan singkatnya berikut ini!

Apa Itu Self Employed?

Self employed bisa artikan sebagai orang yang tidak bekerja pada perusahaan tertentu yang memberi gaji konsisten. Orang ini akan mendapat penghasilan dari berwiraswasta atau melakukan bisnis.

Jenis dari self employed ini antara lain pedagang, investor, pengacara, penulis, hingga agen asuransi. Namun, perkembangan zaman membuat pilihan karier dari self employed ini pun meluas.

Consumer Products

Jenis self employed yang paling banyak diminati milenial adalah di bidang consumer products. Pada dasarnya, seseorang dengan pilihan bisnis ini akan fokus memasarkan produk yang digunakan konsumen. Jenis bisnis yang tengah populer misalnya kedai kopi.

Tujuan dari bisnis di consumer products ini adalah menawarkan produk terbaik agar semakin dikenal masyarakat luas. Usaha di bidang ini cukup menjanjikan karena biasanya selalu diminati konsumen.

Creative Services

Bidang usaha selanjutnya lebih menawarkan jasa, bukan produk. Self employed ini menciptakan berbagai produk atau konten kreatif untuk ditawarkan ke perusahaan. Creative services melibatkan beberapa profesi kreatif, mulai dari penulis, desainer grafis, fotografer, hingga editor.

Namun, ini jelas berbeda dengan freelancer ya. Freelancer cenderung terikat kontrak dengan banyak perusahaan. Sementara self employer di bidang creative services punya bisnis sendiri dengan konsep membangun ide untuk dipasarkan.

Baca Juga: Mendongkrak Perkembangan Bisnis lewat Pemanfaatan Teknologi

Media and Publishing

Hampir serupa dengan creative services, hanya saja media and publishing lebih menonjolkan jasa konten penulisan. Cakupan bidang ini antara lain mulai dari jasa copywriting hingga penulisan blog.

Jasa ini biasanya dibutuhkan bagi para pemilik perusahaan atau brand yang butuh konten tulisan dalam waktu cepat. Terlebih jika banyak momen viral yang butuh lekas diangkat agar bisa dikonsumsi masyarakat.

Value Added Reseller

Berbisnis sebagai reseller sudah jamak ditemui di mana pun. Namun, jenis self employed ini lebih menonjolkan penambahan unsur nilai pada produk yang dipasarkan. Nilai yang dimaksud antara lain kreativitas hingga estetika sehingga produk memiliki nilai jual lebih.

Produk yang diambil dari produsen tidak lekas dijual ke pasaran, melainkan diolah dan diberi tambahan nilai. Pada akhirnya, konsumen bukan hanya melihat fisik barang, tetapi juga sisi kreativitas dari self employer.

Events

Tidak jarang milenial mulai melirik berbisnis di bidang events. Daripada menggunakan jasa orang lain untuk membikin acara, lebih baik mengonsep acara sendiri.

Self employer di bidang ini akan mengajak beberapa teman sevisi dalam menjalankan bisnisnya. Semua kegiatan berkenaan dengan events akan dilakukan sendiri, mulai dari merancang konsep, mempromosikan, hingga menjalankannya.

Nah, jenis self employed mana yang kamu minati? Tidak ada salahnya kok mencoba menjalankan usaha kecil-kecilan selagi masih muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here