Ada banyak jenis sushi gulung atau sushi roll yang bisa Anda cicipi satu persatu bila mengunjungi restoran Jepang. Cita rasa dari masing-masing sushi gulung pun tentu memiliki kelezatan yang berbeda-beda. Untuk itu, berikut adalah ulasan mengenai ragam jenis sushi roll yang populer di dunia serta isian dari sushinya itu sendiri. Nyumm!

Ragam Jenis Sushi Roll yang Populer di Dunia

1. Crunch Roll

Sumber: Momosushi

Crunch roll ini umumnya berisikan campuran rumput laut renyah, tuna pedas dan tempura yang dibuat dengan ikan mentah. Jika Anda menyukai tekstur yang renyah, jenis sushi gulung ini akan sempurna untuk Anda.

2. Rainbow Roll

Sumber: Pinterest

Pilihan yang sangat baik jika Anda suka berbagai sashimi. Dibuat dengan ikan mentah, termasuk kue ikan atau kepiting. Sushi jenis ini juga bisa dibuat dengan tuna, alpukat, salmon, yellowtail, mentimun dan udang. Bagian dalam gulungan sushi umumnya akan sama atau sangat mirip dengan California Roll.

3. Tiger Roll

Sumber: TripAdvisor

Gulungan ini biasanya terbuat dari mentimun, alpukat, tempura udang dan tobiko (telur ikan terbang). Sushi jenis ini umumnya tidak mentah, tetapi Anda harus memeriksa untuk memastikannya. Tiger roll sangat ideal untuk siapa saja yang suka rasa alpukat dan udang.

4. Dragon Roll

Sumber: Pinterest

Dragon rolls dibuat dengan mentimun atau alpukat yang seperti naga. Di dalamnya, Anda akan menemukan saus kepiting, mentimun dan juga belut. Sushi ini terkadang dibuat mentah, dan memiliki rasa mentega, manis. Dragon roll sering divariasikan oleh setiap koki yang mengolahnya, jadi Anda mungkin menemukan sedikit variasi berbeda di setiap restoran Jepang.

5. Vegetable Roll

Sumber: SushiHaven

Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda suka sayuran karena mengandung asparagus, mentimun, daun bawang, krim keju, alpukat, dan wortel. Tidak ada campuran ikan sedikitpun di dalamnya.

6. Philadelphia Roll

Sumber: SushiHaven

Philadelphia Roll sangat ideal jika Anda menyukai rasa dingin dari krim. Sushi jenis ini terbuat dari ikan mentah dan dibuat dengan salmon, krim keju dan alpukat. Terlepas dari namanya, Philadelphia Roll bukan berasal dari Philadelphia. Dinamai demikian karena dibuat dengan Philadelphia Cream Cheese.

Baca Juga: Selain Sushi dan Ramen, Ini Jajanan Khas Jepang yang Tak Kalah Lezat!

7. Spider Roll

Sumber: TripAdvisor

Spider Rolls dibuat dengan mentimun, tempura kepiting soft-shell dan alpukat. Ini tidak termasuk ikan mentah dan memiliki tekstur yang renyah. Jika koki Anda sangat luar biasa, mereka bahkan dapat membuat Spider Roll seperti ada kaki laba-laba yang keluar dari samping.

8. Dynamite Roll

Sumber: NinoAsianDining

Pilihan populer ini dibuat dengan yellowtail, alpukat, mayo pedas, tempura udang, tauge, ketimun, cabai dan wortel. Terkadang, sushi ini juga dibuat secara mentah juga. Dynamite roll memiliki rasa yang renyah, hangat dan lembut.

9. Surf and Turf Roll

Sumber: TripAdvisor

Pilihan ini dibuat dengan fish cake atau kepiting imitasi serta mentimun, tuna, alpukat, daging sapi, salmon, tuna, dan wortel. Ikannya mentah, tapi dagingnya dimasak. Dan rasanya pun tak perlu diragukan lagi, uenak!

10. Caterpillar Roll

Sumber: tokyobowl

Caterpillar Rolls dibuat hanya dengan mentimun, alpukat dan belut. Sangat bagus jika Anda menyukai belut dan alpukat hangat, karena tidak ada campuran ikan sedikitpun di dalamnya.

11. Spicy Tuna Roll

Sumber: SushiQuik

Spicy Tuna Rolls terbuat dari saus sambal, mayo dan tuna. Sushi mentah ini sempurna jika Anda menyukai rasa tuna dan pedas.

12. Tempura Roll

Sumber: Livestrong

Gulungan ini dibuat dengan beberapa jenis tempura yang digoreng. Kadang-kadang dibuat mentah, tetapi akan menjadi pilihan yang pas jika Anda suka rasa renyah dan lemak dari makanan yang digoreng.

Lantas, manakah jenis sushi roll yang paling favorit bagi Anda?

Beri komentar Anda tentang artikel ini