Jerawat di Kulit Kepala: Mengatasi Secara Alami Tanpa Merusak Rambut

Mengatasi jerawat di kulit kepala bukan hal mudah. Melakukan secara sembarangan hanya akan merusak rambut. Tidak dapat dipungkiri, minyak dapat menjadi sahabat terbaik untuk rambut karena mampu mengembalikan kelembapan dan membantu mengatasi kerusakan. Namun, penggunaan yang berlebih akan menjadi penyebab jerawat pada kulit kepala. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Masalah Jerawat di Kulit Kepala

Menurut Rolanda Wilkerson, Ph.D, seorang ilmuwan utama di Procter & Gamble, ada tiga hal yang menyebabkan jerawat di kulit kepala dan wajah, yaitu mikrobioma yang unik, sebum, dan rambut.

Jamur dalam mikroba unik memberikan makan sebum secara berlebih yang berujung masalah kulit. Sebum pada kulit kepala juga bisa menyumbat folikel bersama dengan sel kulit kering dan serpihannya. Penyumbatan ini menyebabkan jerawat pada kulit kepala.

Baca Juga: The Power of Jeruk Nipis: Cara Mengatasi Jerawat Batu yang Membandel

Cara Alami Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

Ada berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat di kulit kepala, yaitu,

Sari Tomat

Tomat adalah bahan terbaik untuk membentuk pH sehat untuk kulit dan rambut, plus dengan asam salisilat. Kandungan ini yang membuat tomat sebagai obat alami untuk jerawat. Menurut Allure, perawatan topikal yang tinggi asam salisilat sangat efektif untuk mengatasi jerawat pada kulit kepala.

Bawang Putih

Bawang putih diketahui memiliki banyak asam, antioksidan, sifat anti jamur dan anti virus. Fokuslah pada aspek bawang putih yang sehat, bukan aromanya yang menyengat karena aroma akan menghilang usai dibilas.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat digunakan sebagai pembersih rambut yang perlu dibilas berkali-kali. Bahan alaminya memiliki kemampuan bawaan untuk mengembalikan tingkat pH dan kaya antioksidan. Alhasil, cuka sari apel termasuk salah satu cara termudah dan cukup populer untuk mengatasi jerawat pada kulit kepala secara alami.

Tea Tree Oil

Minyak esensial ini tergolong kuat dan memiliki sifat anti peradangan yang cukup hebat. Cobalah oleskan tea tree oil untuk mengatasi masalah jerawat di kulit kepala. Cara mudahnya, kamu bisa membeli shampo yang diperkaya dengan tea tree oil.

Minyak Esensial Melati

Asam benzoat alami yang ada dikandung minyal esensial melati mampu menghilangkan sel-sel mati yang menjadi penyebab umum jerawat kulit mati. Prosesnya, kamu bisa melarutkan minyak esensial melati dengan grape seed oil dan aplikasikan pada kulit kepala sambil dilakukan pemijatan.

Grape seed oil tidak menyumbat pori-pori dan diklaim mampu membersihkan jerawat karena mengandung vitamin E dan asam linoleat yang baik untuk mengatasi jerawat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here