Jadi Komisaris Tokopedia, Agus Martowardoyo Ingin Berbagi Pengalaman

Jadi Komisaris Tokopedia, Agus Martowardoyo Ingin Berbagi Pengalaman
Source: dailysocial

Mantan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardoyo, belum lama ini telah diangkat sebagai Komisaris Utama Tokopedia. Agus berharap dapat berbagi pengalamannya selama bekerja di pemerintahan.

Tokopedia menjadi startup berikutnya yang mengangkat mantan pejabat tinggi BI dan OJK untuk mengisi posisi eksekutif di perusahaan. Kali ini Agus Martowardoyo diangkat untuk duduk di kursi Komisaris Utama. Pria bernama lengkap Agus Dermawan Wintarto Martowardojo tersebut berharap dapat berbagi pengalamannya di posisi barunya.

Komisaris Utama Tokopedia

Komisaris Utama Tokopedia
Foto: cnbcindonesia

Agus Martowardoyo memiliki segudang pengalaman perbankan di berbagai posisi jabatan. Diantaranya adalah Presiden Direktur Bank Bumiputera, Direktur Utama Bank Permata dan Presiden Direktur dan CEO Bank Mandiri.

Di pemerintahaan, Agus pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia (2010-2013). Terakhir, pria kelahiran Amsterdam, 62 tahun yang lalu tersebut menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia (2013-2018), sebelum diangkat menjadi Komisaris Utama Tokopedia.

“Saya melihat Tokopedia sangat konsisten memberdayakan masyarakat melalui teknologi, sehingga ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh secara kuat, seimbang dan berkesinambungan,” ujar Agus seperti dikutip CNBC Indonesia.

“Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan mengontribusikan pengalaman saya untuk mendukung cita-cita perusahaan dalam mendorong pengembangan ekonomi yang inklusif,” tambah Agus.

Baca Juga: Modalku Gandeng Tokopedia Sediakan Pinjaman bagi Merchant Online

CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, berharap pengalaman yang dimiliki Agus Martowardojo bisa membawa Tokopedia menjadi perusahaan teknologi dunia.

“Pengalaman dan kearifan Pak Agus Martowardojo akan sangat berharga dalam membina para pemimpin dan institusi Tokopedia untuk menjadi perusahaan teknologi kelas dunia. Kehadiran Pak Agus akan memperkuat momentum kinerja perusahaan yang tengah memasuki tahun ke-10 mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital,” ujar William.

Mantan Pejabat Jadi Eksekutif Startup

Foto: techinasia

Sebelumnya, beberapa eks pejabat tinggi pemerintahan, BI dan OJK juga telah bergabung di berbagai jenis perusahaan rintisan. Sebut saja Ronald Waas dan Kusumaningtuti S. Soetiono. Keduanya diangkat sebagai Dewan Komisaris Gojek. Ronald sebelumnya pernah menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia. Sedangkan Kusumaningtuti pernah menjabat sebagai Anggota Komisioner Otoritas Jasa Keuangan.

Nama lainnya adalah Badrodin Haiti. Badrodin sempat diangkat menjadi Komisaris Utama Grab Indonesia sebelum akhirnya mengundurkan diri karena terlanjur diangkat sebagai Komisaris Utama di PT Waskita Karya. Kendati demikan, mantan Kapolri tersebut bersedia untuk menjadi penasehat senior di Grab. Berikutnya, mantan Anggota Dewan Komisioner OJK, Firdaus Djaelani, juga digandeng oleh startup fintech, UangTeman, untuk duduk di kursi penasehat.

Beberapa startup lain juga merekrut mantan petinggi institusi perbankan untuk duduk di berbagai posisi eksekutif. Bukalapak misalnya, merekrut Teddy Oetomo untuk menduduki posisi Chief Strategy Officer. Teddy sebelumnya banyak menimba pengalaman di Credit Suisse dan Schroders.

Kendati demikian, pengalaman yang didapatkan di berbagai perusahaan sebelumnya juga digunakan oleh beberapa mantan eksekutif untuk membuka perusahaan rintisannya sendiri. Salah satunya adalah Alexander Rusli. CEO DigiAsia Bios tersebut sebelumnya pernah menjabat sebagai CEO di PT Indosat, Tbk.

Beri komentar Anda tentang artikel ini