Job Fair Nasional 2018 baru saja usai dan berhasil menarik ribuan pencari kerja dari seluruh penjuru daerah, khususnya Jabodetabek. Job Fair yang diselenggarakan oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) pada 4 hingga 5 Juli 2018 di Balairung Hotel Bumi Wiyata, Depok, ini diikuti oleh ratusan perusahaan, yakni sekitar 158 perusahaan dengan ribuan lowongan pekerjaan yang siap untuk dilamar.

Job Fair Nasional 2018 Kali Ini Dikhususkan untuk Para Pencari Kerja di Kota Depok dan Sekitarnya

Para pengunjung terlihat ramai mengantri di depan pintu masuk.

Sehubungan dengan Menaker Hanif Dhakiri yang berhalangan hadir, Job Fair Nasional 2018 diresmikan langsung oleh Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja beserta Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna.

Alhamdulillah, kami sangat bersyukur Kementerian Ketenagakerjaan RI, memberikan kesempatan bagi pencari kerja khususnya di Kota Depok. Dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi Pemerintah Kota maupun masyarakat, khususnya Depok,” kata Pradi Supriatna.

Job Fair Nasional 2018 dibuka oleh Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja dan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna.

Selama dua hari berjalan, Job Fair Nasional 2018 ini terlihat sangat dipadati oleh ribuan pelamar kerja, tidak hanya dari Kota Depok saja namun juga seluruh Jabodetabek. Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah perusahaan yang berkesempatan membuka rekrutmen dari berbagai industri, seperti start up, perbankan, telekomunikasi dan teknologi informasi, retail, automotif, manufaktur, jasa, agro industri dan lain-lain.

Ada sekitar 12.000 lowongan kerja yang tersedia oleh perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi. Untuk pendaftaran dan proses melamar kerja, para pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Para pengunjung yang datang pun terlihat sangat antusias untuk melamar dengan menyiapkan berkas-berkas dokumen yang dibutuhkan seperti CV, resume, cover letter, dan sejenisnya.

Keikutsertaan Job-Like di Job Fair Nasional 2018 sebagai Wadah Informasi Lowongan Kerja

Booth Job-Like.com di Job Fair Nasional 2018. Selain menyediakan informasi lowongan kerja, pengunjung juga bisa langsung membuat akun baru untuk memudahkan proses melamar kerja.

Di Job Fair Nasional 2018 ini, Job-Like.com turut serta berpatisipasi sebagai salah satu perusahaan yang membuka informasi lowongan kerja. Para pengunjung yang datang ke booth Job-Like.com bisa langsung mengecek sejumlah lowongan pekerjaan yang sedang dibuka oleh beragam perusahaan. Setelahnya, jika dirasa sesuai dengan kualifikasi, maka para pengunjung bisa langsung melamar di tempat, baik secara online ataupun langsung menyerahkan CV. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa langsung membuat akun baru di Job-Like.com guna melamar lowongan pekerjaan lain yang tidak ditampilkan di booth.

Sebagian besar pengunjung yang datang ingin mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang pendidikannya dan masukan terkait.

Jenis-jenis pekerjaan yang banyak peminatnya di antaranya seperti Akunting dan Marketing, dan bahkan beberapa di antaranya melamar untuk posisi pekerjaan yang bersifat teknis, seperti Project Engineering.

Interview Eksklusif Job-Like.com dengan Salah Satu Pengunjung Job Fair

Job-Like.com juga berkesempatan untuk melakukan interview dengan salah satu pengunjung, Pramsdhika, yang merupakan lulusan dari Sarjana Ekonomi.

Pramsdhika, salah satu pengunjung Job Fair Nasional 2018.

Hai, Prams! Sebelumnya, terima kasih sudah datang. Boleh minta waktunya sebentar untuk berbincang-bincang?

Iya, boleh.

Nah, boleh tahu sudah berapa kali kamu mengikuti Job Fair? Atau, ini baru kali pertama?

Ini udah yang kedua kali buat aku. Sebelumnya, aku juga pernah ikut Job Fair dari kampus.

Terus, tujuan utamanya di Job Fair ini apa?

Ya, tujuan utama memang untuk nyari kerja. Tapi, selain itu aku punya kesempatan juga untuk drop CV di perusahaan-perusahaan incaran.

Kenapa memilih Job Fair?

Dengan Job Fair, aku rasa proses interview bisa lebih cepat, karena ada beberapa perusahaan yang langsung melakukan walk in interview untuk para pelamar. Selain itu, di Job Fair aku bisa langsung melihat nama-nama perusahaan dan mengetahui profilnya dengan jelas, sehingga bisa lebih banyak memilih perusahaan dan posisi yang tersedia. Kalau di internet, aku suka bingung untuk melamar karena terkadang ada perusahaan yang kurang jelas profilnya. Dan, untuk proses panggilannya biasanya memakan waktu cukup lama karena belum tahu CV aku langsung diproses atau tidak. Sedangkan, Job Fair aku anggap lebih pasti karena CV sudah langsung sampai di tangan rekruter.

Dari mana kamu mengetahui informasi adanya Job Fair Nasional 2018 ini?

Dapat informasi Job Fair biasanya dari teman, sama media sosial seperti Instagram. Untuk Job Fair ini, aku tahunya dari Instagram.

Biasanya, yang jadi alasan kamu tertarik untuk melamar itu apa?

Yang pasti, alasan awal aku tertarik untuk melamar dari posisi pekerjaan itu sendiri, sesuai atau tidak dengan keahlian dan passion. Dan menurut aku, bisa melamar dan mendapatkan posisi pekerjaan di perusahaan ternama merupakan bonus tersendiri. Sehingga yang menjadi fokus utama aku adalah job desk yang sesuai, bukan nama perusahannya.

Kira-kira, apa kesan pesanmu untuk Job Fair yang diselenggarakan oleh Kemnaker kali ini?

Kesannya, Job Fair kali ini cukup bagus karena perusahaannya ramai dan lowongannya juga banyak. Cuma ada beberapa perusahaan saja yang belum begitu familiar untuk aku. Dan pesannya, walaupun tidak dipungut biaya sama sekali, namun dari acaranya terkesan kurang rapi, seperti jalan masuk ke gedungnya yang susah jadi menyebabkan antrian panjang. Selain itu, untuk perusahaannya, usahakan tidak hanya mengumpulkan banyak CV dari para job seeker saja, namun juga benar-benar diproses untuk kelanjutannya. Paling tidak ada kejelasan untuk kita yang melamar bakal diterima atau tidak.

Beri komentar Anda tentang artikel ini