Kalau Jogging Sudah Biasa, Yuk Beralih ke Plogging!

mengenal plogging
Sumber : American Rivers

Kebiasaan jogging memang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Anda yang aktif jogging pasti merasa bugar, bersemangat, dan terhindar dari berbagai risiko penyakit. Rutin jogging tentu kerap menimbulkan rasa bosan. Mungkin sudah saatnya Anda mencoba alternatif olahraga lain yang tak kalah bermanfaat yaitu plogging.

Memang sih belum banyak yang mengetahui tentang olahraga plogging.

Namun ternyata cara melakukannya sangat mudah dan cocok untuk semua kalangan usia.

Apa yang Dimaksud dengan Plogging?

Sumber : Uvex-Safety

Kata plogging berasal dari gabungan kata “jogging” dan plocka-upp”. Dalam bahasa Swedia, plock upp berarti memungut, mengambil, atau menyapu sampah dari jalanan. Konsep plogging jelas sangat sederhana. Anda tak hanya melakukan gerakan berjalan kaki dan lari-lari kecil, melainkan juga memungut sampah-sampah yang Anda temukan di jalanan.

Baca Juga: Gratitude Journal: Cara Mudah untuk Tetap Sehat dan Bahagia

Semua Orang Bisa Melakukannya Tanpa Alat Khusus

Sumber : AARP

Anda tak butuh banyak perlengkapan jika ingin melakukan plogging. Cukup menggunakan pakaian dan sepatu lari yang nyaman. Jangan lupa pula menggunakan sarung tangan dan membawa kantong besar untuk menyimpan sampah. Mulailah melakukannya di pagi hari ketika cuaca sejuk dan udara masih bersih. Anda bisa memulai pemanasan dengan memungut sampah-sampah di sekitar rumah. Selanjutnya, mulailah berlari perlahan-lahan sambil memungut sampah lainnya yang Anda lihat.

Plogging Sangat Baik untuk Kebugaran Tubuh

Sumber : The Urban List

Belum banyak orang yang tahu kalau plogging sangat baik untuk kebugaran tubuh. Selain mendapatkan manfaat cardio untuk kesehatan jantung, Anda juga melatih kekuatan otot lengan sewaktu membawa kantong sampah. Jangan lupa melakukan gerakan mengayun kantong sampah untuk memaksimalkan pembakaran kalori. Semakin banyak sampah yang Anda kumpulkan, maka tubuh pun semakin bugar. Lingkungan di sekitar rumah Anda pun akan bersih dan bebas sumber penyakit.

Berdasarkan penelitian, plogging selama setengah jam dapat membakar hingga 288 kalori. Sedangkan jogging hanya membakar 235 kalori dengan durasi yang sama. Kini, olahraga tersebut tak hanya populer di Swedia. Melainkan sudah mulai populer di berbagai negara lain.

Sudah banyak orang yang menggugah foto-foto di media sosial ketika melakukan olahraga tersebut. Mengunggah foto-foto kantong sampah yang berhasil dikumpulkan tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Karena aktivitas bersih-bersih nyatanya bisa dilakukan secara menyenangkan sambil menjaga kebugaran tubuh.

Jadi, kapan giliran Anda melakukan plogging?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here