Pilpres 2019, Jokowi-Ma’ruf Amin Daftar ke KPU Pagi Ini

Calon petahana Pilpres 2019, Joko Widodo atau Jokowi
Calon petahana Pilpres 2019, Joko Widodo atau Jokowi. (Instagram Jokowi)

Joko Widodo atau Jokowi dan Ma’ruf Amin akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (10/8/ 2018). Calon petahana itu akan berangkat ke KPU dari Gedung Djoeang 45, Menteng, Jakarta Pusat.

“Jam 9 pagi, kami akan mendaftarkan ke KPU. Berangkat dari Gedung Djoeang 45 ke KPU,” ucap Jokowi di restoran Plataran Menteng, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Menurut dia, pada proses itu, seluruh ketua umum dan sekjen partai Koalisi Indonesia Kerja, serta relawan akan mendampinginya dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Usai mendaftar ke KPU, mereka akan salat Jumat di Masjid Sunda Kelapa, Menteng.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu telah meminta kepada para partai koalisinya agar tidak berlebihan ketika menemaninya ke KPU. Sebab, Indonesia masih berkabung usai gempa Lombok.

“Ya tadi saya sudah sampaikan besok pagi insyallah kita akan mendaftarkan ke KPU dan kita minta agar besok tidak usah ramai-ramai,” kata dia usai bertemu JK di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Kamis.

Bertemu Jusuf Kalla

Pada Kamis siang, Jokowi terlebih dulu menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelum bertemu dengan ketua umum dan sekretaris jenderal partai koalisinya.

Pertemuan keduanya hanya berlangsung sekitar 20 menit di kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara.

Mantan Wali Kota Surakarta tersebut meminta restu kepada JK sebelum mengumumkan cawapres dan jelang pendaftaran.

“Ya yang pertama saya sampaikan kepada Pak Jusuf Kalla bahwa besok pagi insyallah saya dan cawapres akan mendaftar ke KPU. Besok pagi, kurang lebih jam 9,” kata Jokowi usai bertemu JK di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis.

Drama Cawapres

Nama Ma’ruf Amin sebagai sosok cawapres baru diumumkan usai azan magrib. Hal ini mengejutkan sejumlah pihak, meski pada Rabu (8/8/2018), sinyal tersebut sudah terlihat.

Pada saat itu, Ma’ruf Amin tiba-tiba datang ke Istana Kepresidenan. Pada hari yang sama, Jokowi mengungkapkan pendampingnya berinisial “M”.

Namun, pada Kamis siang, nama Mahfud MD menguat sebagai calon cawapres Jokowi. Terlebih, Mahfud sudah menyiapkan sejumlah persyaratan untuk mendaftar ke KPU.

Mahfud sendiri mengaku tak mempermasalahkan keputusan tersebut, meski sedikit kaget. Dia menilai hal semacam itu wajar dalam politik.

Beri komentar Anda tentang artikel ini