Trik Efektif Meningkatkan Jumlah Kehadiran Karyawan di Kantor

jumlah kehadiran karyawan
Sumber : Blog Post Office Shop

Jumlah kehadiran karyawan di kantor memang bukan satu-satunya indikator kesuksesan suatu perusahaan. Namun, setidaknya jumlah kehadiran yang tinggi menunjukkan bahwa para karyawan bersikap profesional. Jumlah absensi karyawan yang tinggi harus segera diatasi agar tidak semakin berlarut-larut.

Jika perusahaan melakukan beberapa trik efektif ini, kemungkinan besar jumlah kehadiran karyawan di kantor akan meningkat dan cenderung stabil

Menerapkan Budaya Kerja Disiplin

Sumber : Blog US Patriot Tactical

Hal pertama yang harus diperhatikan perusahaan adalah penerapan budaya kerja disiplin. Semua karyawan harus tahu bahwa perusahaan akan bertindak tegas terhadap karyawan yang jumlah absensinya tinggi. Bahkan, perusahaan tak perlu segan memberlakukan sanksi khusus bagi karyawan yang sering absen. Sehingga hal tersebut bisa menjadi pembelajaran berharga bagi seluruh karyawan di perusahaan.

Baca Juga: 3 Cara Inovatif yang Bisa Dilakukan untuk Memberikan Reward kepada Karyawan

Evaluasi Bulanan terhadap Absensi Karyawan

Sumber : Thought Co

Perusahaan wajib mengevaluasi jumlah kehadiran karyawan setiap bulan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengetahui karyawan-karyawan yang tingkat absensinya tergolong tinggi. Selanjutnya, perusahaan bisa mengingatkan karyawan yang sering absen untuk meningkatkan jumlah kehadirannya. Cara ini jauh lebih efektif daripada hanya menggunakan sistem absensi karyawan untuk melakukan penilaian performa secara keseluruhan.

Menyiapkan Sistem Insentif Bulanan

Sumber : Kaltim Tribun News

Semua karyawan pasti senang bila bisa mendapatkan insentif kerajinan dari perusahaan. Jadi, tak ada salahnya bila perusahaan menerapkan sistem tersebut untuk mendukung jumlah kehadiran karyawan yang tinggi. Karyawan yang hadir secara penuh setiap hari kerja berhak mendapatkan insentif tertentu. Sehingga karyawan yang sering izin atau absen pun akan termotivasi untuk bekerja lebih giat. Jika seluruh karyawan selalu standby di kantor, koordinasi urusan pekerjaan pun dapat dilakukan secara mudah.

Memperkenankan Sistem Kerja Remote

Sumber : Remote

Kini, banyak karyawan yang jumlah absensinya tergolong tinggi karena beragam faktor. Misalnya, jarak kantor yang sangat berjauhan dengan rumah, harus menyelesaikan pekerjaan di lapangan, atau sering sakit. Alasan-alasan tersebut juga kerap membuat para wanita karier berstatus ibu rumah tangga mengorbankan jumlah kehadiran di kantor.

Karena jumlah kehadiran karyawan tak selalu berbanding lurus dengan pencapaian perusahaan, izinkanlah sebagian karyawan menyelesaikan pekerjaannya secara remote. Terutama jika mayoritas pekerjaan karyawan tersebut memang bisa diselesaikan secara mandiri tanpa mengganggu urusan pekerjaan karyawan lain.

Jumlah kehadiran karyawan tak akan menjadi masalah besar jika perusahaan bisa menyikapinya dengan cara yang tepat. Karyawan tetap produktif dan profesional pasti mampu menyelesaikan pekerjaannya saat berada di kantor maupun ketika bekerja secara remote.

Beri komentar Anda tentang artikel ini