Ingin Tidur Pulas dan Nyaman? Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengubah Kamar Tidur Anda

tips tidur pulas

Kualitas dan kuantitas tidur memang perlu diperhatikan sebagai salah cara seseorang mendapatkan energi baru setelah dihabiskan beraktivitas sepanjang hari. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa menikmati tidur yang pulas dan cukup karena berbagai faktor. Misalnya karena sebelum tidur, Anda sudah lebih dulu mengonsumsi kafein pada secangkir kopi, atau mungkin karena atmosfer di ruang tidur Anda yang tidak mendukung. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur pulas dan nyaman dengan melakukan sedikit perubahan di kamar tidur:

Ternyata Situasi Kamar Tidur Bisa Membantu Anda Tidur Pulas dan Nyaman, Ikuti Tips Berikut Ini!

Memilih Kasur yang Tepat

Salah satu hal yang memengaruhi kualitas tidur seseorang adalah bagaimana matras atau kasur yang Anda gunakan memberikan kenyamanan. Kesalahan dalam memilih kasur akan berpengaruh besar dengan potensi Anda mendapatkan tidur yang baik. Entah itu matras yang terlalu keras, atau terlalu lembut bisa menimbulkan rasa sakit pada bagian leher dan punggung. Ada baiknya Anda menjajal beberapa jenis matras atau kasur di beberapa toko untuk mendapatkan kasur terbaik.

Menjaga Temperatur Ruangan

Selain pemilihan kasur yang tepat, temperatur ruang tidur Anda bisa menjadi akar masalah mengapa selama ini Anda tidak tidur dengan pulas. Menurut pakar yang mempelajari tentang tidur, menyarankan jika menjaga suhu ruangan adalah hal penting yang menentukan apakah seseorang bisa tidur dengan nyenyak atau tidak. Jika suhu ruang terlalu panas, beberapa orang bahkan mengalami insomnia gara-gara hal tersebut. Membuat ruang tidur sedikit lebih dingin akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Daya Tarik Rumah Anda Menjadi Lebih Enak untuk Dilihat

Membuat Wewangian

Memasang pengharum ruangan atau lilin aromaterapi dengan aroma favorit menjadi kunci lainnya untuk mendapatkan kenikmatan tidur pulas dan nyaman. Berdasarkan The National Institutes of Health menyebutkan bahwa aroma lavender bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Menjauh dari Gadget

Ponsel dan komputer menjadi teknologi yang sulit untuk benar-benar dilepaskan. Beberapa orang cenderung mengecek email melalui ponsel atau komputer mereka sebelum tidur. Inilah kebiasaan buruk yang seharusnya tidak lagi dilakukan karena bisa membuat Anda sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup dan kualitas.

Gunakan Penerangan yang Sesuai

Cahaya menentukan kapan Anda tidur dan kapan harus bangun menurut ritme sikadian. Saat Anda tidur alangkah baiknya menggunakan penerangan yang redup, dan membuatnya semakin terang saat semakin dekat dengan waktu bangun untuk memanfaatkan irama alami tubuh. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Gunakan White Noise

Jika Anda sering terganggu dengan suara bising dari kendaraan, kereta api, atau truk sampah, maka itu bisa membuat Anda sulit untuk tidur pulas dengan nyaman. Sebagai solusinya Anda bisa menggunakan white noise untuk mengurangi perbedaan antara suara latar belakang dan suara lain yang menganggu. Gunakan barang rumah tangga seperti kipas angin, atau pembersih udara yang menghasilkan white noise sehingga Anda akan lebih terbiasa dan menyamarkan kebiasaan yang terdengar dari luar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here