Kamu Dikritik Rekan Kerja? Ubah Jadi Hal Positif dengan Cara Ini

Seringkali, negative feedback diberikan dalam bentuk kritikan. Dari kritikan yang ringan sampai kritikan pedas. Tidak jarang pula saat diberi kritik, karyawan merasa tersinggung dan marah. Sehingga, ia tidak lagi merasa nyaman dalam bekerja.

Kalau mendapatkan kritikan, kamu harus tahu bagaimana caranya untuk mengubah kritikan menjadi hal yang positif. Sehingga hubungan kerja dengan atasan dan rekan kerja tidak terganggu. Kamu pun bisa bekerja tanpa adanya kendala.

Tidak semua orang bisa merubah kritikan pedas menjadi hal yang positif. Nah, kalau sedang mendapat kritikan dari atasan atau rekan kerjamu, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Ketahui Motivasi Pemberi Kritikan

Ada banyak alasan yang membuat seseorang memberikan kritik. Kalau kamu dikritik atasan atau rekan kerja, cobalah cari tahu apa alasan yang membuat atasan atau rekan kerjamu memberikan kritikan tersebut.

Apakah kritikan diberikan karena mereka memang ingin mengembangkan kemampuanmu? Atau mereka memberikan kritik untuk melindungi kepentingan pribadinya? Kalau untuk alasan yang terakhir, ada baiknya kritikan tersebut kamu abaikan.

Menanggapi Kritikan dengan Santai

Umumnya, seseorang akan mudah tersinggung atau marah kalau ia menyikapi kritikan dengan terlalu serius. Ingat, pribadimu dan profesimu adalah dua hal yang berbeda. Oleh karena itu, jika atasan atau rekan kerja memberikan kritikan pedas, pahamilah bahwa kritikan tersebut ditujukan pada dirimu sebagai seorang karyawan, bukan pada pribadi.

Agar tidak terlalu serius menanggapi kritikan, cobalah untuk mempraktekkan work-life balance. Sehingga kamu jadi kamu lebih santai dalam menyikapi keadaan apapun di kantor.

Baca Juga: Work-life Balance Gampang Banget Dicapai, asal Kamu Punya 5 Hal Ini

Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Dengan kecerdasan emosional yang baik kamu bisa menerima hal negatif dengan sikap yang positif. Saat atasan memberikan kritikan, ia bisa mengungkapkan kesalahan atau kekurangan yang kamu miliki. Namun, cobalah untuk mendengarkan apa yang ingin disampaikannya. Mintalah saran agar kamu bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih baik.

Di sisi lain, pahamilah bahwa berbalik marah pada atasan atau rekan kerja saat dikritik hanya akan membuat keadaan menjadi lebih buruk.

Meningkatkan Kemampuan Setelah Mendapat Kritikan

Sebaliknya, yang perlu dilakukan, yaitu mengevaluasi kekurangan yang kamu miliki. Lebih dari itu, tanyakan pada dirimu mengapa atasan atau rekan kerja memberikan kritikan. Tanyakan pula pada dirimu mengapa kamu perlu memperbaiki kekurangan yang dimiliki.

Selain itu, cobalah untuk berkomitmen agar kekuranganmu benar-benar bisa diperbaiki. Sehingga hal yang sama tidak terjadi di lain waktu.

Dengan melakukan beberapa hal di atas, kamu bisa lebih santai dalam menanggapi kritikan yang diberikan atasan atau rekan kerja. Lebih dari itu, kamu bisa belajar dari peristiwa tersebut agar karirmu bisa berkembang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here