Kandungan Gizi Talas, Si Bahan Minuman Spesial yang Sedang Hits

Membahas tentang minuman kekinian rasanya tak lengkap jika tidak menyebut talas. Bahan makanan yang satu ini menjadi salah satu bahan minuman hits yang disukai banyak orang. Tak hanya lezat, kandungan gizi talas juga sangat baik untuk kesehatan lo.

Yuk, mengulik informasi lengkap tentang kandungan gizi talas, si bahan minuman yang hits dan instagramable!

Talas yang Dulu Bukanlah yang Sekarang

Dahulu, talas hanya dikenal sebagai sumber karbohidrat alternatif yang berasal dari keluarga umbi-umbian. Kandungan gizi talas rupanya tidak kalah bila dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya.

Penyajian talas dilakukan secara konvensional dengan parutan kelapa kukus dan gula merah halus. Kadang-kadang talas juga digunakan sebagai bahan pelengkap kolak. Namun, talas kini sudah naik kelas menjadi bahan minuman populer.

Ekstrak talas dicampur dengan susu untuk menghasilkan minuman berwarna ungu yang wanginya khas dan teksturnya legit. Sebagai pelengkap, minuman talas kerap disajikan bersama boba atau cheese cream bercita rasa gurih.

Baca Juga: Jangan Ngaku Pencinta Keju Kalau Belum Mencoba Kesegaran Cheese Tea

Mencari Tahu tentang Kandungan Gizi Talas

Kandungan karbohidrat pada talas mencapai 77,9 persen dari total nutrisinya. Dalam setiap sajian 100 gr talas, terkandung 1,9 protein yang terbagi menjadi beberapa jenis asam amino esensial.

Kandungan gizi talas juga diperkaya vitamin dan mineral seperti vitamin C, kalsium, fosfor, dan zat besi. Talas juga memiliki kandungan amilopektin cukup tinggi sehingga teksturnya jadi legit menyerupai beras ketan.

Segudang Manfaat Talas untuk Kesehatan

Kandungan gizi talas yang terbilang lengkap akan memberikan beberapa manfaat kesehatan ini untuk kamu:

  • Talas merupakan bahan makanan dengan indeks glikemik rendah (tidak mudah menyebabkan kenaikan kadar gula darah). Konsumsi talas baik untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah, terutama bila Anda memiliki risiko diabetes yang tinggi.
  • Ternyata talas juga kaya kandungan serat yang baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, serat dalam talas juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi dampak buruk kolesterol jahat.
  • Polifenol yang terdapat pada talas merupakan anti oksidan alami yang efektif meminimalkan risiko kanker.
  • Vitamin C dan senyawa bioaktif lainnya yang terdapat pada talas dapat membantu mempertahankan daya tahan tubuh.

Nah, konsumsi talas ternyata baik untuk kesehatan karena kandungan gizi talas melimpah. Namun, jangan mengonsumsi minuman berbahan talas secara berlebihan karena minuman tersebut sudah diberi tambahan bahan lain sehingga kalorinya tergolong tinggi. Nikmati minuman talas sesekali saja sebagai pelega dahaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here