Yuk, Intip 5 Alasan Karyawan Merasa Demotivasi Kerja

Karyawan Merasa Demotivasi

Tidak dapat dipungkiri, ada momen tertentu dimana karyawan merasa demotivasi dengan pekerjaan yang dijalani selama ini. Ada banyak alasan yang bisa menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi, bahkan di perusahaan besar sekali pun. Padahal, motivasi dalam diri seseorang adalah kekuatan dan modal terbesar yang dimiliki seseorang agar tetap bertahan dalam proses pencapaian. Di sini perusahaan juga seharusnya mengetahui seberapa besar keterlibatan karyawan terhadap perusahaan, level of engagement. Mengenali tanda-tanda peringatan demotivasi dini dan mengatasinya dengan cepat dapat membantu mendorong kepuasan karyawan terhadap pekerjaannya. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum mengapa karyawan merasa demotivasi dengan pekerjaannya.

Saat Karyawan Merasa Demotivasi Kerja, Inilah Penyebab Utamanya!

Visi Karier Tidak Jelas

memikirkan ulang karir
sumber: empowermagazine

Jika membahas tentang motivasi kerja seseorang, mungkin aspek benefit secara finansial adalah yang paling umum dijelaskan. Namun tahukah Anda jika ternyata ini bukan hanya tentang uang, tapi bagaimana seseorang ingin memiliki tujuan karier yang jelas. Yang mereka butuhkan adalah perkembangan di dalam organisasi, dan tujuan jangka panjang sehingga mereka bisa bekerja menuju hasil yang diproyeksikan.

Baca Juga: Kiat Ampuh Mengatasi Karyawan Underperformance di Perusahaan

Merasa Kurang Dihargai

ekspektasi tidak realistis
Sumber: careermetis

 

Jika seorang karyawan merasa bahwa upaya mereka tidak diakui atau dihargai, mereka akan segera mulai kekurangan energi dan komitmen dalam peran mereka. Sudah sifat dasar manusia yang selalu ingin mendapatkan pengakuan dengan apa yang sudah diperjuangkan. Cobalah untuk memastikan jika setiap prestasi dan kontribusi karyawan dihargai, meskipun hanya tepukan punggung atau acungan jempol saja.

Kepemimpinan yang Buruk

Sumber : Robert Half

Kepemimpinan yang efektif menjadi salah satu hal yang memengaruhi motivasi karyawan. Jika kepemimpinan di perusahaan dianggap buruk, maka karyawan mungkin mulai kehilangan antusiasme kerja. Pendekatan yang fleksibel dan inklusif dalam mengelola tim juga metode komunikasi yang baik sangat dibutuhkan untuk mewujudkan manajemen yang baik.

Beban Kerja yang Tidak Realistis

Sumber : Business 2 Communitiy

Perusahaan sudah seharusnya memperhatikan beban kerja setiap karyawannya dengan penuh pertimbangan. Jangan sampai ada karyawan yang memiliki piring yang terlalu  penuh, atau sebaliknya piring kerjanya terlalu kosong. Pendistribusian beban kerja menjadi hal pelik yang seringkali menjadi salah satu alasan karyawan merasa demotivasi kerja. Ini bisa dikarenakan beban kerja yang tidak realistis mengusik work-life balance dan membuat karyawan merasa kecewa hingga kehilangan minta untuk bekerja.

Tidak Ada Peluang untuk Melakukan Self-Development

karir yang buntu
Sumber : hcconnection

Self-development menjadi salah satu alasan yang juga paling sering membuat karyawan merasa demotivasi kerja. Tidak adanya peluang bagi karyawan untuk mengembangkan diri akan menyebabkan hilangnya minat untuk bekerja. Sebagian besar karyawan akan menghargai potensi pembelajaran yang berkelanjutan, perasaan bahwa mereka memperluas dan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here